Berita Kediri

Kembangkan Potensi Daerah Lewat Pagelaran Cerita Rakyat, Pemkab Kediri Gandeng UNESA

Pemkab Kediri melalui Balitbang Kabupaten Kediri bersama Unesa berkolaborasi menggelar acara pagelaran cerita rakyat

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
ist/pemkab kediri
Dalam rangka menarik minat wisatawan, Pemkab Kediri melalui Balitbang Kabupaten Kediri bersama dengan Universitas Negeri Surabaya ( UNESA ) berkolaborasi menggelar acara pagelaran cerita rakyat.   

TRIBUNMATARAMAN.COM - Dalam rangka menarik minat wisatawan, Pemkab Kediri melalui Balitbang Kabupaten Kediri bersama dengan Universitas Negeri Surabaya ( UNESA ) berkolaborasi menggelar acara pagelaran cerita rakyat.

Rangkaian acara kajian implementarisasi cerita rakyat ini dilaksanakan di Convention Hall. Hadir dalam acara tersebut kepala Balitbang Kabupaten Kediri Drs. Eko Setiyono, M.Si, Perwakilan dari UNESA, Kepala Disbudpar Kabupaten Kediri, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Kediri dan para peserta serta tamu undangan. 

Adapun pagelaran yang dipertontonkan meliputi seni tari, dongeng dan sejarah desa di Kab. Kediri ini nantinya diharapkan dapat memperkaya kesenian daerah khas Kabupaten Kediri dan menjadi salah satu acuan di bidang Pariwisata Daerah.

"Dengan adanya pertunjukan ini akan menjadi bahan jualan kita dalam pariwisata daerah, " jelas Eko Setiyono, Jumat (30/9/2022).

Terdapat kurang lebih 10 perwakilan dari masing - masing desa yang ada di Kabupaten Kediri ikut serta dalam memeriahkan acara ini. Menampilkan cerita legenda dari masing - masing desa maupun daerah di kawasan Kabupaten Kediri, yang kemudian nantinya akan digali dan diaktualisasikan dalam bentuk tari maupun cerita rakyat.

"Ini adalah sebuah bahan untuk membuat semacam menu dan menu tersebut akan disajikan kepada tamu yang datang, " tambahnya. 

Dari kegiatan ini tidak menutup kemungkinan untuk menulis cerita dalam bentuk naskah dan diaktualisasikan dalam bentuk cerita rakyat. Bahan penulisan ini terdiri dari cerita rakyat masa lalu yang ditampilkan kembali dengan bentuk lukisan, film dan lain sebagainya.

Sebagai informasi, tujuan utama diadakan pagelaran cerita rakyat ini adalah untuk mendukung visi misi Mas Bup dalam pengembangan Pariwisata dan kearifan lokal yang nantinya diharapkan Pariwisata di Kabupaten Kediri menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luar.

(Luthfi Husnika/tribunmataraman.com)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved