Berita Kediri

Peringati Hari Statistik dan Sambut Sensus Pertanian, BPS Kota Kediri Tanam Cabai Bersama KWT

BPS Kota Kediri memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) dan menyambut sensus pertanian 2023 dengan menggelar tanam cabai bersama KWT

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri memperingati Hari Statistik Nasional serta menyambut sensus pertanian 2023 dengan menanam cabai mengandeng Kelompok Wanita Tani (KWT) Bangun Sejahtera, Kelurahan Burengan, Senin (26/9/2022). 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) tanggal 26 September 2022 dengan mengandeng Kelompok Wanita Tani (KWT) Bangun Sejahtera Kelurahan Burengan, Senin (26/9/2022).

Kegiatan ini sekaligus juga menyongsong kegiatan Sensus Pertanian di Indonesia yang bakal berlangsung 2023.

Peringatan dilakukan dengan menanam 1.000 bibit cabe sumbangan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri di Kampung Agribisnis. 

Menurut Lilik Wibawati, Kepala BPS Kota Kediri, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan mengikuti arahan Menko Kemaritiman dan Investasi agar memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam tanaman pertanian.

Karena fenomena kenaikan harga cabai saat ini salah satunya disebabkan minimnya pasokan. Sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan semua masyarakat. 

Pada kegiatan yang bertajuk Statistik Berkualitas, Bangsa Sejahtera, Lilik Wibawati mengajak kepada masyarakat untuk menumbuhkan gerakan menanam tanaman pertanian di pekarangan rumah. 

Diharapkan melalui Sensus Pertanian, data yang tersaji dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan petani.

Untuk mendukung kesuksesan programnya pihaknya terus meningkatkan kolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kominfo, serta TPID Kota Kediri. 

Sementara Moh Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri menjelaskan sangat mendukung Sensus Pertanian yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia tahun 2023 mendatang.

Diharapkan hasil sensus menjadi bahan evaluasi Pemkot Kediri sebagai acuan penyelenggaraan kegiatan maupun penyusunan kebijakan di masa mendatang. 

“Pada kegiatan ini penyuluh lapangan berperan mengedukasi anggota KWT tentang bagaimana cara melakukan kegiatan pertanian yang baik, agar nanti hasil panennya memuaskan,” terangnya.

Selain itu bibit tanaman cabai yang ditanam petugas diharapkan bermanfaat bagi KWT Bangun Sejahtera di Kelurahan Burengan.

Untuk mengoptimalkan kegiatan Sensus Pertanian dan menciptakan gerakan menanam tanaman hortikultura di pekarangan rumah, Dinas Kominfo ikut menumbuhkan kesadaran di kalangan masyarakat melalui sajian berita dan informasi yang diproduksi.

 “Peran Dinas Kominfo dalam  pemberdayaan masyarakat, dengan menginformasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat tahu di Burengan ada kelompok yang mengelola budidaya pertanian,” jelasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved