Berita Kediri

Pemkot Kediri Gelar Sertifikasi Kompetensi Tingkatkan Daya Saing UMKM 

Sebanyak 40 Pelaku  UMKM di Kota Kediri mengikuti asesmen kompetensi yang diselenggarakan Kantor Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri. 

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Pelaku  UMKM di Kota Kediri mengikuti asesmen kompetensi yang diselenggarakan Kantor Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri.  

TRIBUNMATARAMAN.COM - Sebanyak 40 Pelaku  UMKM di Kota Kediri mengikuti asesmen kompetensi yang diselenggarakan Kantor Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri. 

Kegiatan ini merupakan puncak Pelatihan Akses dan Literasi Keuangan Penguatan Permodalan UMKM Gelombang I. 

Bambang Priyambodo, Kepala Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri menjelaskan, kegiatan literasi keuangan  diharapkan mendorong transformasi usaha informal ke formal bagi UMKM, serta menciptakan akselerasi digitalisasi koperasi, usaha mikro dan usaha kecil. 

“Yang tak kalah penting  meningkatkan akses kredit lembaga keuangan formal bagi pelaku UMKM di Kota Kediri,” jelasnya, Kamis (22/9/2022). 

Peserta harus menuntaskan 12 unit kompetensi. Sedangkan  sertifikat kompetensi dibagikan setelah lulus asesmen. 

Sertifikasi kompetensi merupakan pengakuan dari pemerintah sehingga dapat menimbulkan kepercayaan dari investor maupun stakeholder. 

Diharapkan pelaku UMKM terstandar dalam pengelola usaha, artinya dalam mengelola usaha ada standarisasi. Sehingga peserta mempunyai knowledge, attitude, keterampilan yang baik sebagai pelaku usaha.

Salah satu peserta Denik Mariyani, dari owner Dendro Salad mengatakan, sangat terbantu dengan diadakannya asesmen kompetensi kegiatan ini. 

“Saya sangat bersyukur Dinkop UMTK telah memfasilitasi, berarti semua UMKM diajak untuk mengikuti standart mulai dari pengelolaan, penyajian produk diajarkan untuk berstandart,” jelasnya.

Denik juga mengaku mendapatkan beragam ilmu, seperti: info terkini permodalan dan beberapa studi kasus sebagai bahan peringatan bagi pelaku UMKM.

 “Saya sampaikan terima kasih kepada Pemkot Kediri karena memperhatikan pelaku UMKM dan memfasilitasi kegiatan ini secara gratis,” ungkapnya.

(didik mashudi/tribunmataraman.com)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved