Berita Kediri

Ini Daftar Juara Lomba Desain Tenun Ikat Kota Kediri 2022, Salah Satu Karya Akan Dipakai Wali Kota

Inilah daftar juara lomba desain motif tenun ikat kota Kediri 2022. Wali kota Kediri berjanji akan memakai salah satu karya terbaik.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Wali kota Kediri, Abdullah Abu Bakar berfoto bersama para juar lomba desain tenun ikat Kota Kediri 2022 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Nurrina Fajrin dinobatkan menjadi juara 1 Lomba Desain Motif Tenun Ikat Kota Kediri 2022. Karyanya yang diberi  judul Bango Tong-Tong dipilih menjadi terbaik. 

Sementara juara 2 Dita Hikmahwati dengan hasil karyanya berjudul  Serinjing, dan juara 3 Ariliya Sabila Putri dengan judul karya Manusuk Sima. 

Bertindak sebagai juri Lomba Desain Motif Tenun Ikat di antaranya, Siti Ruqayah perajin tenun, Rony Setiyawan desainer grafis, Dimas Bramasto Ilustrator, dan Erki Setyandari Guru SMKN 3 Kediri.

Rangkaian proses penjurian diseleksi dari ratusan karya yang masuk. Kemudian dipilih 11 nominasi karya terbaik serta disaring lagi untuk ketiga juara. 

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar yang menyerahkan secara langsung hadiah berupa piala dan uang tunai kepada ketiga pemenang Lomba Desain Motif Tenun Ikat ini di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri, Rabu (21/9/2022). 

"Nanti setidaknya saya mau pakai salah satu motif tenun yang dilombakan ini," ungkapnya.

Diungkapkan, sebenarnya dari dahulu mau mengembangkan desain motif tenun karena melihat ada kekhasan motif tenun ikat itu desain-desain lama.

"Desain lama ini  harus disesuaikan juga. Disesuaikan dengan siapa yang akan memakainya,” jelasnya. 

Diharapkan melalui lomba desain motif tenun ikat semakin  memperkaya motif tenun yang ada di Kota Kediri. Motif yang beragam bisa meningkatkan penjualan dan orang yang akan membeli tenun ini juga semakin banyak pilihannya. Karena menciptakan sebuah motif tenun ikat itu tidak mudah.

Wali Kota Kediri yang akrab disapa Mas Abu juga berpesan kepada perajin tenun ikat untuk memikirkan katalog produknya. "Perajin tenun ikat bisa menyisihkan satu kain tiap motifnya untuk digunakan sebagai sampel," jelasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved