dr Zaidul Akbar

Sejuta Manfaat Kencur Diungkap dr Zaidul Akbar, Bisa untuk Hilangkan Stres

Inilah Sejuta manfaat kencur dipaparkan dr Zaidul Akbar. khususnya untuk kesehatan.

Editor: Rendy Nicko
Dokumen Pribadi dr Zaidul Akbar
Sejuta manfaat kencur dipaparkan dr Zaidul Akbar. khususnya untuk kesehatan. 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Sejuta manfaat kencur dipaparkan dr Zaidul Akbar. khususnya untuk kesehatan.

Zaidul Akbar dalam salah satu bukunya membagikan sejuta manfaat dari salah satu tanaman yang tak asing lagi, yaitu kencur.

Kencur sejak dahulu kala memang sudah menjadi bahan baku pembuatan jamu yang biasanya dipikul oleh penjual jamu tradisional.

dr Zaidul Akbar sebagai pakar kesehatan berbasis herbal banyak sekali berbagi pengetahuan seputar manfaat tanaman herbal yang banyak terdapat di Indonesia.

Baca juga: dr Zaidul Akbar Jelaskan Bahayanya Tidur Setelah Subuh, Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Sejak lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Zaidul Akbar sering membagikan ilmunya baik melalui tulisan maupun aktifnya beliau di kanal YouTube-nya.

“Untuk yang belum familiar, sepintas kencur mirip dengan jahe. Keduanya memang masih satu keluarga dari famili Zingiberaceae”, jelas Zaidul Akbar.

Ia menambahkan bahwa perbedaan keduanya adalah kencur jauh lebih kecil, berwarna putih, aromanya sangat khas, rasanya segar, dan teksturnya renyah.

Tanaman yang tak hanya menjadi bahan baku jamu, tetapi juga bumbu dapur yang biasanya dihaluskan bersama bumbu lain ini memiliki komposisi zat kimia yang beraneka ragam.

Kencur memiliki berbagai komposisi zat, diantaranya adalah pati, mineral, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, camphene, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, dan gom”, jelas dokter yang menulis buku Resep Sehat JSR.

Dokter yang juga dikenal sebagai pemuka agama ini selalu yakin dengan sabda Rasulullah bahwa tidaklah Allah menurunkan penyakit, kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.

Kencur memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan seperti mengobati batuk, menghilangkan stress, mengobati diare, mencegah karies gigi, mencegah kanker lambung, menambah nafsu makan, meningkatkan energi, dan menstabilkan kolesterol”, jelasnya dengan rinci.

Cocok sekali bagi yang ingin menjaga kondisi tubuh untuk mengonsumsi kencur secara rutin mungkin bisa menjadi alternatif.

Cara penyajian yang umum disarankan oleh Zaidul Akbar biasanya dengan menjadikannya jus menggunakan blender atau meminum air hasil merebusnya bersama kencur.

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik : Tribun Mataraman

(tribunmataraman.com)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved