Berita Kediri

Kader Kesehatan Kota Kediri Ikuti Pelatihan Dapur Sehat Atasi Stunting

Sebanyak 35 kader kesehatan dan kader KB dari seluruh  kelurahan di Kota Kediri mengikuti kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dahsat)

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Chef Agus Syafruddin sewaktu menjadi narasumber Dapur Sehat Atasi Stunting di Ruang Pertemuan Kantor DP3AP2KB Kota Kediri, Kamis (1/9/2022). 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Sebanyak 35 kader kesehatan dan kader KB dari seluruh  kelurahan di Kota Kediri mengikuti kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dahsat) di Ruang Pertemuan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Kediri, Kamis (1/9/2022).

Kegiatan ini menghadirkan Chef Agus Syafruddin yang membawa 3 menunya yakni Quiche Loraine Ati Bayam, Churros Tuna Susu dan Sushi Rollade Saus Keju.

Para peserta juga diajak langsung praktik memasak tiga menu olahan makanan dari ikan, telur, hati ayam, susu dan bayam. 

Peningkatan kualitas gizi merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri untuk pencegahan terjadinya stunting. 

Sumedi, Kepala DP3AP2KB Kota Kediri menjelaskan, Dapur Sehat Atasi Stunting merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting.

Di antaranya, Calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, bayi dibawah usia dua tahun atau balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu. 

“Para kader diberikan sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bercita rasa, dan bergizi baik. Untuk pencegahan stunting harus selalu dibiasakan makanan yang bergizi dan mengandung zat besi tinggi," jelasnya. 

Diharapkan para kader kesehatan akan meneruskan pengetahuannyua ke teman-teman posyandu di kelurahan dan masyarakat tentang apa saja olahan makanan yang sehat. 

Menurut Sumedi, penyebab sunting adalah kondisi kesehatan dan asupan nutrisi yang tidak optimal, pola asuh yang kurang baik, kurangnya akses pelayanan kesehatan dan akses sanitasi air bersih. 

Dengan kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting, calon pengantin, ibu yang hendak hamil dan ibu menyusui bisa lebih memperhatikan asupan nutrisinya. 

“Terlebih untuk ibu yang sedang hamil, ketika bayi berada dalam kandungan harus mendapat perhatian serius, dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi berimbang, juga minuman yang kaya akan vitamin dan mineral sehingga lahir generasi penerus yang optimal, sehat dan berkualitas,” jelasnya.

(didik mashudi/tribunmataraman.com)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik : Tribun Mataraman

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved