Berita Nganjuk

BPSMP Sangiran Yakin Ada Fosil Manusia Purba di Kawasan Hutan Tritik Nganjuk

BPSMP Sangiran sangat yakin di kawasan hutan desa Tritik, kecamatan Rejoso, Nganjuk, tersimpan fosil manusia purba. Ini alasannya

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/ahmad amru muiz
Tim BPSMP Sangiran saat melakukan ekskavasi diduga tulang binatang purba jenis gajah di kawasan hutan Desa Tritik Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. 

TRIBUNMATARAMAN.COM -Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran kembali menemukan fosil binatang purba di kawasan hutan Desa Tritik, Kecamatan Rejoso ,Kabupaten Nganjuk.

Fosil tersebut diduga berupa pecahan tulang lengan atas dari hewan jenis gajah purba.

Pamong Budaya BPSMP Sangiran, Pipit Melinda menjelaskan, pertama kali fosil tersebut ditemukan oleh salah satu anggota Kotasejuk (Komunitas Pecinta Sejarah Nganjuk) dalam kondisi tampak di permukaan.

Temuan fosil tersebut dilaporkan kepada Dinas Porabudpar Kabupaten Nganjuk yang meneruskan laporan ke BPSMP Sangiran Jawa Tengah.

Baca juga: Kawasan Hutan Desa Tritik di Nganjuk Ternyata Menyimpan Fosil Binatang-binatang Purba, ini Buktinya

"Temuan itupun dilakukan tindaklanjut dengan penggalian, ternyata berupa pecahan fosil tulang lengan atas gajah purba yang kondisinya masih utuh dan lumayan besar," kata Pipit Melinda, Kamis (1/9/2022)

Berdasarkan dari hasil penelitian, kajian dan laporan dari masyarakat mulai tahun 2018 lalu, kawasan hutan Tritik memang memiliki potensi temuan fosil binatang purba dari era pleistosen yang sangat besar.

"Dan itu ditandai dengan banyaknya temuan fosil hewan-hewan yang sudah ditemukan sebelumnya," ucap Pipit Melinda yang juga arkeolog BPSMP Sangiran tersebut.

Fosil gading gajah purba yang ditemukan Susilo di hutan Tritik, Nganjuk.
Fosil gading gajah purba yang ditemukan di hutan Tritik, Nganjuk. (ist)

Dengan banyaknya temuan fosil itu, dimungkinkan kedepannya akan banyak lagi fosil-fosil yang akan ditemukan di dalam hutan Tritik.

Fosil-fosil yang sudah berumur ratusan ribu tahun tersebut sekarang disimpan di Museum Anjukladang Nganjuk dan sebagian dibawa ke BPSMP Sangiran untuk diteliti.

Selain fosil binatang purba, di kawasan hutan Tritik juga dicurigai menyimpan fosil manusia purba. Alasannya, beberapa petunjuk yang mengarah adanya kehidupan manusia purba sudah mulai tampak. Dan temuan fosil tulang lengan atas gajah purba, saat itu juga ditemukan beberapa fosil binatang lain.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved