Berita Blitar

Dinkes Kota Blitar Targetkan Cakupan Imunisasi Anak Bisa Capai 95 Persen di Hari Terakhir

Dinkes Kota Blitar menargetkan cakupan Bulan Imunisasi Anak Nasional bisa mencapai 95 persen di hari terakhir pelaksanaan imunisasi, Rabu (31/8/2022)

Penulis: Samsul Hadi | Editor: eben haezer
Samsul Hadi
Petugas kesehatan memberikan imunisasi kepada anak ketika launching pelaksanaan BIAN di Kota Blitar beberapa waktu lalu. 

TRIBUNMATARAMAN.com I BLITAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar menargetkan cakupan Bulan Imunisasi Anak Nasional bisa mencapai 95 persen di hari terakhir pelaksanaan imunisasi, Rabu (31/8/2022). 

Dengan capaian itu, Dinkes berharap bisa masuk kategori herd immunity dan mencegah kejadian luar biasa penyakit campak dan rubella pada anak di Kota Blitar. 

"Kami berharap, cakupan BIAN di Kota Blitar bisa mencapai 95 persen pada hari terakhir besok," kata Kepala Dinkes Kota Blitar, Dharma Setiawan, Selasa (30/8/2022). 

Dharma mengatakan, per Senin (29/8/2022), cakupan BIAN di Kota Blitar sudah mencapai 92 persen atau 6.101 anak dari total sasaran riil sebanyak 6.685 anak. 

Dikatakannya, masih ditemukan anak yang harus ditunda pemberian imunisasi karena sakit. 

Meski jumlahnya tidak banyak, penundaan imunisasi terhadap anak yang sedang sakit tetap mempengaruhi cakupan BIAN di Kota Blitar.

"Data anak yang ditunda pemberian imunisasi tidak terlalu banyak, tapi tetap mempengaruhi cakupan BIAN," ujarnya. 

Untuk itu, ia meminta para Camat, Lurah, kader Posyandu, dan guru PAUD untuk ikut membantu menghadirkan anak agar ikut imunisasi. 

"Kami minta, anak yang sudah sembuh dari sakit agar segera dibawa ke Pustu maupun Posyandu untuk ikut imunisasi," katanya.

Seperti diketahui, pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional ditargetkan harus selesai dalam sebulan pada Agustus 2022 ini.

Ada dua jenis vaksin yang diberikan di Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022, yaitu, campak dan rubella.

Sedang sasaran anak yang mengikuti Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 yaitu usia 9-59 bulan. (sha) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved