Berita Kediri

Puspawarni Topeng Panji Tanah Kediri Persembahan Gudang Garam Meriahkan Kediri Nite Carnival 2022

Di ajang KNC 2022, Gudang Garam bakal mempersembahkan kolaborasi beragam bunga dengan topeng Panji dalam tema Puspawarni Topeng Panji Tanah Kediri

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
PT Gudang Garam Tbk akan mempersembahkan Puspawarni Topeng Panji Tanah Kediri pada Kediri Nite Carnival (KNC) 2022 yang akan digelar, Sabtu (27/8/2022). 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Untuk membangkitkan kembali Kejayaan Kediri di masa lampau, PT Gudang Garam Tbk bakal mempersembahkan kolaborasi beragam bunga dengan topeng Panji dalam tema Puspawarni Topeng Panji Tanah Kediri.

Tema tersebut mengeksplorasi beragam karakter topeng Panji yang menjadi ciri khas Kota Kediri dalam Kediri Nite Carnival (KNC) 2022 yang akan digelar, Sabtu (27/8/2022). 

Kediri Nite Carnival (KNC) 2022 merupakan pagelaran yang menjadi rangkaian Peringatan HUT Kota Kediri ke 1.143 dan HUT Proklamasi RI ke 77.

Kepala Bidang Humas PT GG Tbk ,Iwhan Tricahyono menjelaskan, karakter topeng Panji Kediri menggambarkan pribadi yang baik, berwibawa dan bijak. 

Baca juga: Ada Kediri Nite Carnival, Calon Penumpang KA Diimbau Datang Lebih Awal ke Stasiun Kediri

Seperti halnya Panji Asmara Bangun, Panji Kuda Semirang, Panji Kamboja, Panji Serat Kanda, Panji Jayakusuma, Panji Anggraeni dan Panji Kuda-Narawangsa yang terangkum dalam cerita Ande-Ande Lumut, Ketek-Ogleng, dan Ragil Kuning. 

"Untuk menggambarkan kemegahan Kerajaan Kediri, kami mendesain formasi sedemikian rupa dengan memasukkan unsur kerajaan secara utuh," jelasnya, Jumat (26/8/2022). 

Barisan terdepan dipimpin 10 peraga topeng Panji, disusul Raja, dua pangeran di belakangnya, dan enam putri kleting. 
Iring-iringan tersebut menjadi garda depan yang mengawal Singgasana dan Ratu, diikuti dua punggawa dan delapan prajurit sebagai penutup barisan.  

"Kami berharap persembahan tersebut dapat menghibur dan memberi semangat masyarakat luas untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Dirgahayu Republik Indonesia ke-77 dan Selamat Hari Ulang Tahun Kota Kediri ke-1.143," ungkapnya.

Cerita Panji merupakan kekayaan budaya Kota Kediri yang tidak pernah mati. Cerita ini mengisahkan romansa Raden Inu Kertapati dalam mencari cinta sejati. 

Pengembaraan pangeran dari Kerajaan Jenggala ini membuahkan jalinan asmara dengan putri dari empat kerajaan, salah satunya Dewi Sekartaji atau Dewi Galuh Candra Kirana dari Kerajaan Kediri. 

Alhasil buah perkawinan mereka melahirkan sejumlah kerajaan megah yang memberikan kejayaan dan kemuliaan kepada rakyatnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved