Berita Kediri

Petugas Dispendukcapil Kota Kediri Jemput Bola Antar Akta Kematian ke Rumah-rumah Keluarga Mendiang

Petugas Kantor Dispendukcapil Kota Kediri jemput bola mengantarkan akta kematian ke rumah keluarga yang baru ditinggal mati oleh anggotanya.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Petugas Kantor Dispendukcapil Kota Kediri mendatangi rumah warga untuk mengantarkan akta kematian di Kelurahan Bandar Kidul, Senin (22/8/2022) 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Petugas Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri mendatangi rumah warga untuk memberikan akta kematian di Kelurahan Bandar Kidul, Senin (22/8/2022). 

Petugas menyusuri jalanan hingga masuk ke dalam gang untuk mendatangi rumah almarhum Nurhadi guna menyerahkan secara langsung akta kematian kepada keluarganya.

Syamsul Bahri, Kepala Dispendukcapil Kota Kediri menjelaskan, sebelumnya data-data yang diperlukan untuk menerbitkan akta kematian sudah dikumpulkan petugas melalui kelurahan. Dokumen itu di antaranya surat keterangan kematian, fotokopi KTP dan KK. 

"Alhamdulillah aktanya sudah jadi, terus kami antarkan langsung ke rumah  keluarga almarhum,” jelasnya. 

Kegiatan jemput bola petugas sekaligus merespon surat edaran dari Ditjen Dukcapil Kemendagri bulan September 2021 supaya melakukan percepatan pelayanan akta kematian akibat Covid-19 yang belum sempat diurus oleh keluarga almarhum.

“Kami juga edukasi kepada masyarakat pentingnya akta kematian. Karena masih banyak masyarakat yang belum begitu memahami tentang fungsi dari akta kematian ini," ungkapnya.

Dijelaskan, akta kematian dibutuhkan salah satunya untuk keperluan mendaftar seleksi anggota Polri atau TNI, atau saat untuk mengurus dokumen perkawinan. 

 "Kami juga wanti-wanti kepada masyarakat supaya dokumen itu dijaga dengan baik supaya tidak rusak atau hilang,” ujarnya.

Saat ini kepemilikan akta kematian di Kota Kediri secara keseluruhan sudah mencapai angka 70 persen. Kantor  Dispendukcapil berusaha meningkatkan capaian dengan upaya jemput bola.

Sementara Ny Nurhadi, istri almarhum berterima kasih atas pelayanan responsif yang diberikan petugas. “Terimakasih banyak atas pelayanan yang sangat memudahkan masyarakat,” ujarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved