Berita Trenggalek

Pemkab Trenggalek Salurkan Bantuan Alat Perikanan untuk Puluhan Kelompok

Pemkab Trenggalek menyerahkan bantuan alat perikanan kepada puluhan kelompok perikanan tangkap, budidaya, serta pengelola dan pemasar hasil perikanan

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: faridmukarrom
Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyerahkan bantuan kepada kelompok perikanan, Senin (22/8/2022). 

TRIBUNMATARAMAN.COM | TRENGGALEK - Pemkab Trenggalek menyerahkan bantuan alat perikanan kepada puluhan kelompok perikanan tangkap, budidaya, serta pengelola dan pemasar hasil perikanan, Senin (22/8/2022).

Bantuan yang diserahkan meliputi jaring, mesin perahu, fish finder, alat pancing, hingga berbagai sarana prasarana yang mendukung kerja para anggota kelompok itu.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan alat-alat yang selama ini dibutukan oleh para nelayan dan mereka yang bekerja di sektor perikanan.

"Harapan kami ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal sehingga bisa meningkatkan hasil tangkap dan produksi mereka," kata pria yang akrab disapa Mas Ipin, saat penyerahan bantuan.

Mas Ipin menjelaskan, selain memberikan bantuan, pihaknya juga akan mendampingi para nelayan agar dapat memanfaatkan alat yang mereka dapat dengan baik.

Baca juga: Polres Trenggalek Terjunkan Puluhan Personil Demi Tumpas Narkoba

Baca juga: Bupati Trenggalek Resmikan Pasar Rakyat di Alun-Alun untuk Gairahkan Ekonomi Lokal

Salah satu alat yang penggunaannya membutuhkan pendampingan adalah fish finder, yakni alat dengan frekuensi tinggi yang bisa digunakan untuk mencari kumpulan ikan.

Meski bukan alat baru di dunia perikanan, masih banyak nelayanan yang belum fasih memanfaatkan alat tersebut untuk menemukan gerombolan ikan di lautan lepas.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyerahkan bantuan
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyerahkan bantuan kepada kelompok perikanan, Senin (22/8/2022).

"Dari dinas perikanan nanti akan mengedukasi. Akan diadakan diklat-diklat agar alat tersebut bisa benar-benar bermanfaat," sambungnya.

Mas Ipin juga berharap, bantuan itu bisa mendorong para nelayan yang masyarakat yang bekerja di sektor perikanan untuk pulih secara ekonomi pascapandemi.

"Kita semua tahu, selama pandemi, semua lini sektor terdampak. Dan semoga setelah ini, kita bisa pelan-pelan pulih dan tumbuh seiring Kasus Covid-19 yang berangsur melandai," tuturnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek Cusi Kurniawati menjelaskan, bantuan sektor perikanan tahun ini relatif besar.

Sebagian besar bantuan itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

"Pagu DAK 2022 Dinas Perikanan tahun ini sebesar Rp 3 miliar, yang peruntukannya adalah bantuan sarpras kelompok maupun belanja modal," sambungnya.

Cusi menjelaskan, bantuan yang diserahkan hari itu disasarkan pada kelompok yang berasal dari Kecamatan Watulimo, Panggul, Munjungan, Suruh, Durenan, Kampak, Trenggalek, dan Karangan. (fla)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved