Berita Nganjuk

Inovasi Layanan Pengurusan Tanah Mandiri, Kantor Pertanahan Nganjuk Luncurkan Loket Prioritas

 Kantor Pertanahan Kabupaten Nganjuk membuka loket prioritas pengurusan akta tanah mandiri tanpa perantara atau tanpa kuasa.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist
Loket layanan prioritas pengurusan akta tanah secara langsung dan mandiri sebagai inovasi layanan Kantor Pertanahan Kabupaten Nganjuk. 

TRIBUNMATARAMAN.com NGANJUK -  Kantor Pertanahan Kabupaten Nganjuk membuka loket prioritas pengurusan akta tanah mandiri tanpa perantara atau tanpa kuasa.

Layanan tersebut sebagai program inovasi baru dari Kantor Pertanahan untuk mencegah terjadinya praktek percaloan

Administrator Pertanahan Kantor Pertanahan Kabupaten Nganjuk, Violita Prihastika menjelaskan, program loket prioritas tersebut merupakan layanan permohonan tanpa kuasa (LAPAK).

"Pada program Loket Prioritas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) mendorong masyarakat untuk mengurus layanan pertanahan secara langsung atau tanpa kuasa," kata Violita Prihastika, Senin (22/8/2022).

Dijelaskan Violita Prihastika, dengan melakukan pengurusan berkas pertanahan tanpa perantara melalui loket prioritas, dipastikan bisa mempercepat pelayanan dan warga bisa mendapatkan akses informasi secara langsung terkait aset yang akan disertipikatkan.

Untuk jenis layanan yang dapat diakses oleh masyarakat, Violita Prihastika, semua jenis layanan pertanahan yang dibutuhkan oleh masyarakat Nganjuk dapat diakses di Kantor Pertanahan Kabupaten Nganjuk.

Layanan di loket prioritas, menurut Violita Prihastika, dibuka selama tujuh hari dalam seminggu, termasuk di akhir pekan. Pelayanan tanah akhir pekan (Pelataran) tersebut pemohon mandiri dapat mengajukan permohonan di hari sabtu dan minggu pada jam kerja antara pukul 08.00 - 16.00 WIB. Khusus di hari Jumat hinga Minggu layanan dibuka pukul 08.00 - 12.00 WIB.

"Dengan adanya loket prioritas yang beroperasi setiap hari termasuk akhir pekan tersebut, diharapkan bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang bekerja pada hari kerja untuk dapat mengurus berkas pertanahannya sendiri," ujar Violita Prihastika.

Sejak dibukanya layanan Prioritas pada tanggal 30 Juni 2022 lalu, tambah Violita Prihastika, hingga saat ini total ada sebanyak 140 permohonan akta tanah.

Hal itu dengan catatan semua permohonan diajukan sendiri (mandiri) dan persyaratan sudah lengkap sesuai dengan ketentuan yang dimohonkan maka loket prioritas bisa menyelesaikan permohonan dalam waktu 30 menit.

"Untuk itu, mari manfaatkan layanan prioritas untuk mengurus akta tanah secara langsung tanpa kuasa di loket prioritas!," tutur Violita Prihastika.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved