Berita Kediri

Seniman dan Budayawan Sebut Kediri Layak Jadi Mother Of Nusantara

Para seniman dan budayawan yang mengikuti FGD di Sendang Tirto Kamandanu Kediri menganggap Kediri sebagai mother of Nusantara. Kok bisa?

Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/luthfi husnika
Focus Group Discussion (FGD) di Sendang Tirto Kamandanu dengan tema Ke Diri Menuju Jatining Diri. 

Reporter: Luthfi Husnika

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Focus Group Discussion (FGD) di Sendang Tirto Kamandanu dengan tema Ke Diri Menuju Jatining Diri membuka wawasan mengenai Kediri dalam perspektif sejarah dan kebudayaan. 

Diskusi yang disiarkan secara live streaming di youtube Dhito Pramono dan Pemkab Kediri pada Senin (15/8/2022) itu memunculkan ulasan mengenai Kediri. Dari kekayaan budaya dan sejarah kebesarannya, keberadaan Kediri dinilai mempengaruhi Indonesia.

Seniman dan Budayawan Butet Kartaradjasa menyebut jejak sejarah yang ada di Kediri merupakan harta karun yang sangat berharga.

Bahkan, harta karun yang ada tidak hanya milik Kediri melainkan merupakan harta karun Indonesia.

Baca juga: Dapat Masukan Dari Butet, Bupati Kediri Akan Beri Diskon Pajak Bagi Seniman Berbasis Budaya

Butet menceritakan, dalam kunjungannya di komplek pemakaman Setono Gedong di sana terdapat makam muslim dan di bagian tengah terdapat tatakan dengan relief garuda wisnu.

Komplek pemakaman Setono Gedong sendiri terdapat makam beberapa tokoh penting, diantaranya Sunan Mas atau Amangkurat III dan Syekh Al Wasil Samsudin. 

"Bagaimana itu di tengah kuburan muslim ada jejak sejarah sanjaya, ada relief garudeya (garuda)," katanya.

Butet menambahkan, dalam riset yang pernah dilakukan dia mendapat pengetahuan bahwa pertama kali merah putih dikibarkan di Kediri oleh Jayakatwang. 

Dua hal itu, baik pengibaran merah putih pertama kali di Kediri maupun temuan relief garuda yang dalam perkembangannya digunakan sebagai simbol atau lambang negara Indonesia merupakan jejak sejarah yang luar biasa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved