Fashion

Koleksi Busana 'For Indonesia', Desainer Iris Padukan Lace Embroidery Modern dengan Batik Jumputan

Desainer Iris Liauw meluncurkan koleksi busana terbarunya untuk  menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Koleksi itu dinamai For Indonesia

Editor: eben haezer
ist/@vici.studiospace
Koleksi busana 'For Indonesia' karya desainer Iris Liauw yang diperagakan oleh model dari komunitas Model Cilik Surabaya (MOCI). 

Reporter: Luthfi Husnika

TRIBUNMATARAMAN.com | SURABAYA - Desainer Iris Liauw meluncurkan koleksi busana terbarunya untuk  menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Sepuluh busana Iris Liauw kali ini dinamainya koleksi For Indonesia. Busana yang mengusung perpaduan modern dan etnik ini didominasi warna merah dan putih.

"Busana For Indonesia atau untuk Indonesia ini sengaja dibuat untuk menyambut kemerdekaan RI. Untuk busananya bernuansa merah putih, sesuai dengan warna bendera kebangsaan Indonesia," kata Iris, Senin (15/8/2022).

Ada 16 busana dalam koleksi For Indonesia yang dibuatnya kali ini. Busana Iris kali ini dibuat two pieces dengan tambahan kain putih sebagai aksen tambahan.

Iris memadukan bahan kain embroidery, tulle dengan kain batik, sedangkan penggunaan bawahan ia memilih model sarung putih sebagai simbol budaya bangsa.

"Blouse atau atasannya, saya memilih bahan dasar kain tulle dan lace embroidery yang digunakan sebagai bahan utama. Kemudian ditambaj hiasan gathered/kerutan tulle dan detail mutiara serta kristal," ujarnya.

Embroidery lace dipilihnya karena bisa memberikan kesan modern. Sedangkan untuk bawahan, Iris menggunakan sarung putih berbahan silk velvet dan stagen bercorak batik jumputan merah. Perpaduan kesan modern dan etnik inilah yang ingin diangkat oleh Iris.

Namun, Iris juga memberikan opsi untuk bawahan. Kain sarung sebagai bawahan bisa juga diganti dengan motif non etnik. Sehingga, tampilan akhirnya lebih ke modern, fleksibel dan stylish.

Iris menuturkan, desainnya kali ini terinspirasi dari busana Bali yang berciri khas penggunaan selendang atau sabuk di pinggang yang menciptakan looks yang elegant.

Busana yang diperagakan oleh Model Cilik Surabaya (MOCI) ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi terkait Wastra Nusantara. Iris ingin mengenalkan busana etnik yakni batik yang tetap elegant dan stylis untuk dikenakan.

"Selain itu, anak-anak juga jadi mengerti bagaimana menggunakan sarung dan mengombinasikan dengan kain tradisional Indonesia. Singkatnya, bangga akan budaya Indonesia lewat busana. Hal ini pun juga terwujud atas dukungan dari MOCI sebagai representatif yang aktif mengajak teman-tema lainnya untuk mencintai bangsa melalui outfit yang dipakai," papar Iris.

Untuk membuat koleksi ini, Iris membutuhkan waktu dua minggu lamanya. Bagian yang menurutnya agak tricky adalah menyesuaikan lace yang berwarna merah, senada dengan motif batik jumputan.

"Semoga ke delannya semakin banyak muncul generasi muda yang kreatif dan inovatif. UMKM semakin maju, terutama di bidang fashion. Anak bangsa mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi, dengan cara membeli dan bangga menggunakan produk-produk buatan Indonesia. Serta terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved