Berita Surabaya

Sempat Hilang 3 Hari, Kapal Motor Muatan Material Bangunan Ditemukan Ditpolairud Polda Jatim

Gerak cepat dan kompak Ditpolairud Polda Jatim bersama Tim SAR Gabungan dalam mencari keberadaan Kapal Layar Motor

Editor: faridmukarrom
Istimewa
Kapal Ditpolairud Polda Jatim dan tim gabungan SAR saat berangkat mencari Kapal Layar Motor (KLM) Cinta Kembar yang sempat hilang kontak tiga hari 

Laporan Wartawan Tribun Mataraman Network Luhur Pambudi

TRIBUNMATARAMAN.com | SURABAYA - Gerak cepat dan kompak Ditpolairud Polda Jatim bersama Tim SAR Gabungan dalam mencari keberadaan Kapal Layar Motor (KLM) Cinta Kembar yang sempat hilang kontak tiga hari, akhirnya membuahkan hasil, Jumat (12/08/2022). 

Tim gabungan dari SAR, Ditpolairud Polda Jatim, Satpolairud dan Syahbandar Sumenep, Basarnas Surabaya hingga agen pelayaran, kabarnya berhasil menemukan kapal milik Syamsul itu. 

Selain itu, anggota tim SAR gabungan dan Ditpolairud Polda Jatim juga, berhasil menemukan nahkoda dan ABK KLM Cinta Kembar, dalam keadaan selamat.

Satu nakhoda dan dua anak buah kapal (ABK) dilaporkan selamat usai terombang-ambing di laut lepas bersama kapal motor mereka.

Terungkap, hilangnya kapal tersebut, ternyata dikarenakan mesin kapal mendadak mati saat sedang berlayar di tengah laut. 

"Tadi juga dibantu KPLP, kapal pelayaran, serta komunitas masyarakat nelayan dan pesisir pantai dan nelayan di Kabupaten Sumenep sekitarnya. Kita melakukan pencarian sekitar di lapangan sesuai SOP," ujar Direktur Ditpolairud Polda Jatim, Kombes Pol Puji Hendro Wibowo, saat dihubungi awak media, Jumat (12/8/2022).

Operasi SAR gabungan yang memperoleh hasil menggembirakan tersebut, diperoleh dari kekompakan antar instansi dalam mengerahkan semua personel dan alat transportasi SAR. 

Namun, dengan tetap mempertimbangkan SOP keselamatan dalam pelayaran yang berorientasi pada operasi penyelamatan korban. 

"Yang kedua, kita melakukan pemeriksaan kondisi awal, laporan kejadian yang terjadi. Jadi informasi kapan yang terakhir mungkin dia kontak dengan agen pelayaran, kontak dengan keluarganya, kemudian saksi-saksi yang melihat kapal tadi di laut," katanya. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved