Berita Nganjuk

Pemkab Nganjuk Tingkatkan Kualitas Layanan PPID Dan SP4N

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nganjuk berupaya meningkatkan pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: faridmukarrom
Ahmad Amru
Layanan PPID Pemkab Nganjuk yang siap menerima pengaduan masyarakat dan memproses tindaklanjut dari pengaduan ke OPD Pemkab Nganjuk. 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nganjuk berupaya meningkatkan pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR). Hal itu dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan program andalan Pemkab Nganjuk tersebut.

Kepala Diskominfo Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki melalui Kepala Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik (PIKP), Hari Purwanto mengatakan, PPID dan SP4N-LAPOR merupakan media layanan informasi dan layanan aspirasi milik pemerintah yang dapat diakses oleh masyarakat, kapan dan dimana saja. Melalui PPID tersebut, masyarakat dapat meminta informasi yang dibutuhkan dari badan publik atau perangkat daerah yang ada di Kabupaten Nganjuk.

"Masyarakat dapat memantau dan menilai kinerja Pemkab Nganjuk melalui kecepatan, ketepatan dan hasil dari tanggapan perangkat daerah atas permintaan informasi ataupun aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat," kata Hari Purwanto, kemarin.

Untuk PPID, dikatakan Hari Purwanto, pihaknya meminta kepada seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Nganjuk untuk segera melengkapi Self Assesment Question  (SAQ) di masing-masing instansi. Hal itu untuk mencapai indikator penilaian Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Kabupaten Nganjuk Menuju Informatif.

"SAQ diisi dan dilengkapi dengan sebenar-benarnya seperti yang ada di lapangan, agar bisa diukur sejauh mana perangkat daerah di Nganjuk menerapkan Keterbukaan Informasi Publik. Dengan demikian kualitas pelayanan publik di Kabupaten Nganjuk bisa diperbaiki bila dinilai kurang," ucap Hari Purwanto.

Pejabat Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat Diskominfo Kabupaten Nganjuk, Arif Wahyudi Wicaksana menjelaskan, jumlah pengaduan masyarakat dalam SP4N-LAPOR! dapat menjadi tolok ukur partisipasi publik di suatu daerah. Semakin banyak pengaduan yang masuk menandakan Pemerintah semakin terbuka dan masyarakat semakin aktif berpartisipasi dalam pembangunan.

"Tindak lanjut serta penyelesaian atas pengaduan merupakan salah satu indikator penilaian kualitas pelayanan publik di suatu daerah. Untuk itu seluruh perangkat daerah di Kabupaten Nganjuk untuk lebih gencar melakukan publikasi dan sosialisasi SP4N-LAPOR kepada masyarakat," tutur Arif Wahyudi Wicaksana.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved