Berita Blitar

221 Napi LP Blitar Diusulkan Dapat Remisi di HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Sepuluh Napi Langsung Bebas

Sebanyak 221 narapidana (napi) penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Blitar diusulkan mendapat remisi umum di HUT ke-77 Kemerdekaan RI. 

Penulis: Samsul Hadi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/samsul hadi
Suasana di depan LP Kelas IIB Blitar, Selasa (8/8/2022).  

TRIBUNMATARAMAN.com | BLITAR - Sebanyak 221 narapidana (napi) penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Blitar diusulkan mendapat remisi umum di HUT ke-77 Kemerdekaan RI. 

Dari 221 napi, sebanyak 10 napi diusulkan mendapat remisi umum (RU) II atau langsung bebas. 

Kasi Bimbingan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja LP Kelas IIB Blitar, Wahyu Tetuka mengatakan 221 napi yang diusulkan mendapat remisi di HUT ke-77 Kemerdekaan RI itu merupakan napi kasus pidana umum. 

Para napi yang diusulkan mendapat remisi sudah memenuhi syarat administrasi antara lain sudah menjalani masa hukuman minimal enam bulan dan berkelakuan baik selama di LP. 

Baca juga: Lapas Kelas IIB Tulungagung Mengusulkan 507 Narapidana Untuk Mendapat Remisi 17 Agustus 

"Kami mengusulkan sebanyak 221 napi untuk mendapat remisi di HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Biasanya, SK remisi dari Kemenkumham keluar tiga hari sebelum 17 Agustus," kata Wahyu, Selasa (9/8/2022). 

Dikatakannya, dari 221 napi yang diusulkan mendapat remisi, sebanyak 211 napi diusulkan mendapat remisi umum (RU) I dan 10 napi diusulkan mendapat RU II. 

Napi yang diusulkan RU I akan mendapat pengurangan hukuman mulai satu bulan sampai lima bulan. 

Sedang napi yang diusulkan mendapat RU II akan langsung bebas. "Kecuali yang tidak membayar denda harus tetap menjalani kurungan sebagai pengganti denda," ujarnya. 

Sekadar diketahui, saat ini jumlah warga binaan di LP Kelas IIB Blitar sebanyak 525 orang. (sha) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved