Berita Kediri

Cegah Peredaran Rokok Ilegal, KPPBC Kediri Sampai Kejar-kejaran Dengan Pengedar di Jalan Tol

Demi mencegah peredaran rokok ielgal, KPPBC Kediri sampai harus kejar-kejaran dengan orang yang akan mengedarkannya ke berbagai tempat.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Tumpukan kardus berisi rokok ilegal sitaan kantor Bea Cukai Kediri. 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Pelaku jaringan peredaran rokok ilegal biasa memanfaatkan jalur jalan tol untuk mengangkut barang ilegal guna didistribusikan ke daerah lain.

Namun upaya peredaran rokok ilegal telah beberapa kali digagalkan petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Kediri.

Dari dokumen rekaman video penindakan distribusi rokok ilegal yang diterima awak media, semua penindakan petugas berlangsung di jalur jalan tol. Malahan petugas harus kejar-kejaran dengan mobil pelaku yang melaju kencang di jalan tol.

Seperti penindakan pada 6 April 2022 berlangsung di ruas jalan tol Kertosono - Nganjuk KM 648 Kabupaten Nganjuk.

Baca juga: Selama Satu Semester Kantor Bea Cukai Kediri Sita 10,2 Juta Batang Rokok Ilegal 

Dalam penindakan ini petugas mengamankan ratusan ribu batang rokok ilegal yang diangkut bus antar kota antar provinsi. Rokok ilegal yang dikemas dalam belasan karton ditemukan petugas di bagasi bus.

Rokok ilegal diangkut bus dari Surabaya dengan tujuan daerah di Jawa Barat. Rokok ilegal yang diamankan diberikan merk Adwak.

Pada 13 April 2022 petugas kembali menindak pengiriman ratusan ribu batang rokok ilegal di ruas jalan tol Nganjuk - Ngawi. Kali ini petugas menghentikan minibus warna silver yang digunakan sarana  pengangkutnya.

Dari rekaman video petugas yang melakukan penindakan harus kejar-kejaran dengan pelaku di ruas jalan tol pada malam hari.

Penindakan petugas juga dilakukan pada 11 Mei 2022 di exit tol Mojokerto - Jombang KM 686 Kabupaten Jombang. Petugas menghentikan truk colt disel dengan bak truk warna kuning.

Setelah pengemudi dihentikan dan muatan diperiksa petugas ternyata mengangkut ratusan ribu batang rokok tanpa dilengkapi pita cukai.

Petugas menindak kembali pada 22 Mei 2022 berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal di ruas jalan tol Kertosono - Nganjuk di KM 667 Kabupaten Nganjuk.

Setelah muatan truk digeledah petugas berisi ratusan ribu batang rokok Ilegal yang dikemas dalam bungkus warna hitam diberikan merk Fajar.

Petugas kembali melakukan penindakan pada 27 Juni 2022 di ruas jalan tol Mojokerto - Jombang KM 680 Kabupaten Jombang. 
Kali ini mobil Avanza warna merah nopol B 2878 BKH yang dipakai pelaku mengangkut rokok ilegal.

Pelaku memodifikasi kendaraan dengan melepaskan kursi di bagian tengah sehingga dapat mengangkut puluhan karton berisi ratusan ribu batang rokok Ilegal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved