Seri 1 Kejurnas Motocross

Sirkuit Jotosanur Lamongan Diresmikan, Siap Digeber untuk Seri 1 Kejurnas Motocross

Sirkuit Jotosanur di Lamongan, Jatim, selesai dibangun dan telah diresmikan. Sirkuit ini siap digunakan untuk Seri 1 Kejurnas Motocross

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/hanif manshuri
Peresmian sirkuit Jotosanur di Lamongan, Jawa Timur. Sirkuit ini akan menjadi arena untuk Seri 1 Kejurnas Motocross pada Agustus 2022 mendatang. 

Reporter: Hanif Manshuri

TRIBUNMATARAMAN.com | LAMONGAN  - Sirkuit motocross Jotosanur standar nasional di Lamongan, Jawa Timur, telah selesai dibangun dan diresmikan Bupati Yuhronur Efendi, Jumat (29/7/2022).

Peresmian ini cukup istimewa lantaran dihadiri Crosser gaek Indonesia, Johny Pranata.

Crosser ternama ini  memuji sirkuit Jotosanur yang akan dipakai untuk seri 1 Kejurnas Motocross adalah salah satu sirkuit terbaik di Indonesia dan mendekati sirkuit MMX GP.

Johny Pranata menilai sirkuit Jotosanur  adalah salah satu sirkuit terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan, sudah mendekati  sirkuit MMX GP yang merupakan ajang tertinggi motocross dunia.

Baca juga: Mengenal Sirkuit Jotosanur, Sirkuit Baru di Lamongan yang Akan Jadi Tempat Seri I Kejurnas Motocross

 "Selain sirkuit MMX GP, ini (sirkuit Jotosanur) adalah sirkuit terbaik lainnya. Kalau di Jatim sendiri ini memang sirkuit yang terbaik," kata Johny.

motocross di sirkuit jotosanur lamongan
Sejumlah crosser melakukan ujicoba trek di Sirkuit Jotosanur, Lamongan.

Pria  yang memulai karir di motocross dan menaklukkan sirkuit nasional maupun internasional  sejak berusia 18 tahun ini mengungkapkan, sirkuit Jotosanur ini sebagai salah satu sirkuit terbaik di Indonesia karena sudah memenuhi beberapa standar yang ada. 

Standar yang ada sangat memadai untuk ajang kejuaraan level tertinggi motocross internasional. 

Beberapa standar yang sudah terpenuhi di sirkuit ini diantaranya, adalah standar lebar jalur, panjang rintangan, ketinggian rintangan, jarak antar lintasan.  Mengenai layout sirkuit dan penataan lahan sirkuit yang dibangun seluas 6, 5 hektare sangat ideal.

 "Layout, penataan lahan sudah sangat cukup. Memenuhi (standar) karena lebar jalur, panjang rintangan, ketinggian rintangan, jarak antar lintasan dan area-area lain seperti lahan parkir, paddock dan area-area lainnya," ungkapnya. 

Johny berharap di Lamongan akan tumbuh crosser-crosser baru yang bisa lebih berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Dengan sirkuit ini, ia berharap akan semakin sering ada event kejuaraan motocross. 

Sementara, Bupati Lamongan Yuhronur Effendi  usai meresmikan sirkuit Jotosanur ini mengungkapkan rasa bangganya karena Lamongan memiliki sirkuit yang berstandar nasional. Pak Yes berharap, dengan sirkuit ini akan tumbuh atlet motocross nasional dan internasional.

 Bahkan,  menjelang bergulirnya Kejurnas Motocross seri 1 pada 6-7 Agustus mendatang, beberapa hotel di Lamongan juga sudah mulai di booking oleh atlet dari luar daerah dan juga luar negeri.

"Sirkuit ini juga bisa menggelar event rutin yang nantinya akan menggairahkan sektor lainnya yang ada di Lamongan," paparnya. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved