Berita Trenggalek

Perempuan Trenggalek Ikuti Pelatihan Diversifikasi Produk Rempah

Tim Penggerak PKK dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur menggelar pelatihan diversifikasi produk rempah bagi pelaku UMKM

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/aflahul abidin
Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bachsin dan Ketua TP PKK Trenggalek Novita Hardini saat menghadiri pelatihan diversifikasi produk rempah di Kabupaten Trenggalek, Rabu (27/7/2022). 

TRIBUNMATARAMAN.com | TRENGGALEK - Tim Penggerak PKK dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur menggelar pelatihan diversifikasi produk rempah bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Trenggalek, Rabu (27/7/2022).

Para pelaku UMKM yang menggunakan produk rempah seperti jahe dan temu lawak diajari untuk membuat produk baru dari bahan itu.

Contoh produk itu, antara lain, jamu instan dan minuman jadi.

Diharapkan, produk olahan seperti itu bisa meningkatkan daya jual dan membuka peluang pasar yang lebih luas.

Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bachsin menjelaskan, produk rempah asal Kabupaten Trenggalek cukup melimpah dan beragam.

"Tentunya salah satu potensi yang luar biasa. Maka dari itu, perlu kita dukung," kata Arumi.

Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini menambahkan, pelatihan semacam ini akan meningkatkan kualitas serta menciptakan peluang usaha baru bagi warga Trenggalek. Terutama bagi para perempuan.

"Saya sangat berterima kasih kepada Tim Penggerak PKK Jatim karena mengadakan pelatihan ini. Tentunya memang harus konsisten dalam mendampingi masyarakat, utamanya UMKM," katanya.

Pelatihan itu memang menyasar para perempuan. Novita menjelaskan, banyak perempuan yang sekaligus menjadi kepala keluarga di Kabupaten Trenggalek.

"Jadi pelatihan ini saya rasa bisa mendorong ibu-ibu bisa lebih produktif. Tentunya bila ibu-ibu produktif, akan lebih melengkapi dirinya dengan pembelajaran yang lebih baik, sehingga produknya bisa naik kelas, lebih optimal, dan bisa diterima pasar," katanya.

Selain lebih menarik dan bermacam, ia berharap, diversifikasi produk rempah itu bisa mendorong peningkatan kualitas produk.

"Semoga juga bisa memanfaatkan tekhnologi digital, sehingga usahanya bisa terus maju dan berkembang," tuturnya. 

 


Foto: Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin dan Ketua TP PKK Trenggalek Novita Hardini saat menghadiri pelatihan diversifikasi produk rempah di Kabupaten Trenggalek, Rabu (27/7/2022).

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved