Berita Ponorogo

Kelasnya Rusak Tiga Tahun, 25 Siswa SD di Ponorogo Harus Mengungsi di Yayasan Budha Dukuh Sodong

Selama 3 tahun, bangyunan SDN 4 Gedangkulon, Kecamatan Sampung, Ponorogo, rusak. Para siswa terpaksa mengungsi belajar di Yayasan Budha Dukuh Sodong

Editor: eben haezer
tribunjatim/sofyan arif candra
Kondisi Atap Gedung SDN 4 Gelangkulon Dusun Sodong, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. 

Reporter: Sofyan Arif Candra

TRIBUNMATARAMAN.com | PONOROGO - Sebanyak 25 siswa SDN 4 Gelangkulon, Dusun Sodong, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo harus mengungsi lantaran gedung sekolah yang rusak.

Setidaknya ada lima ruang di sekolah tersebut yang rusak parah terutama pada bagian atapnya.

Mulai dari ruang kelas 4,5,6, lalu bekas ruang guru hingga perpustakaan. 

Di ruang tersebut sejumlah plafon ambrol, bahkan kayu atap telah lapuk dan nyaris runtuh. 

Mau tidak mau, siswa kelas 4,5,6 harus diungsikan untuk belajar di gedung sekolah minggu milik Yayasan Budha Dukuh Sodong.

Gedung tersebut dipilih karena jaraknya yang relatif dekat dengan SDN 4 Gelangkulon yaitu 500 meter.

Sementara untuk siswa kelas 1,2, dan 3 tetap belajar di sekolah dengan gedung yang terpisah, namun dengan kondisi yang tak jauh beda. 

Kepala SDN 4 Gelangkulon, Muhamad Fatahyasin mengatakan, rusaknya atap ruang dan kelas sekolahnya telah terjadi sejak 2019 lalu.

Para siswa sempat belajar di teras sekolah dan kantor guru hingga akhirnya pindah ke sekolah minggu Yayasan Budha Dukuh Sodong.

"Ada 5 ruangan yang rusak, 3 ruang diantaranya adalah ruang kelas. Karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan kita kosongkan sementara. Sementara siswa kita pindahkan ke bawah di sekolah minggu milik Yayasan Budha," ujar Fatahyasin, Senin (25/7/2022).

Senada dengan Fatahyasin, seorang guru SDN 4 Gelangkulon yang juga ketua Sekolah Minggu Yayasan Budha, Bintang Asiana mengaku prihatin dengan kondisi gedung sekolah tempatnya mengajar.

Untuk itu ia menawarkan agar gedung Sekolah Minggu Yayasan Budha digunakan untuk kegiatan belajar mengajar para siswa SDN 4 Gelangkulon.

Bintang berharap ada perhatian dari pemerintah untuk sebisa mungkin memperbaiki gedung sekolah tersebut.

"Sedih melihat kondisi seperti ini. Kami ingin sekali mendapat perhatian pemerintah agar sekolah ini bisa segera diperbaiki," ucapnya. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved