Jurnalisme Warga

Tim Riset Keilmuan Umsida Inisiasi Pendampingan Renstra SI/T di RS Muhammadiyah Sidoarjo

tim Riset Keilmuan UMSIDA menginisiasi pendampingan perencanaan strategis SI/TI pada Rumah Sakit Muhammadiyah di Sidoarjo.

Editor: eben haezer
ist
Tim Riset Keilmuan UMSIDA menginisiasi pendampingan perencanaan strategis SI/TI pada Rumah Sakit Muhammadiyah di Sidoarjo. 

Penulis : Rohman Dijaya

TRIBUNMATARAMAN.co - Era industri 4.0 mengharuskan setiap rumah sakit perlu memperoleh dan mempertahankan keunggulan kompetitif untuk keberhasilan jangka panjang, terlebih di masa pandemi ini.

Persaingan rumah sakit yang semakin ketat dan merupakan dampak persaingan pasar bebas di Indonesia telah mengubah paradigma rumah sakit dari comparative advantage menjadi competitive advantage.

Keunggulan kompetitif rumah sakit sekarang ini tidak terlepas dari Sistem Informasi (SI) dan Teknologi informasi (TI) yang dipakai sebagai alat untuk membuat dan mengembangkan inovasi sebuah produk, sistem dan pelayanan.

Kreativitas dan inovasi dalam manajemen rumah sakit Muhammadiyah dalam kondisi pandemi ini sangat dibutuhkan dalam peningkatan keunggulan kompetitif sekaligus menunjang proses bisnis rumah sakit rujukan Covid-19 di Sidoarjo.

Permasalahan yang terjadi saat ini adalah banyaknya SI/TI yang dibuat tanpa melihat sisi finansial rumah sakit, sehingga membuat sejumlah penggunaan SI/TI menjadi tidak optimal dalam aktivitas operasional dan bisnis rumah sakit.

Berdasarkan kondisi permasalahan tersebut, tim Riset Keilmuan UMSIDA menginisiasi pendampingan perencanaan strategis SI/TI pada Rumah Sakit Muhammadiyah di Sidoarjo.

Tim Peneliti dengan keilmuan multidisiplin ini diketuai oleh Dr. Rita Ambarwati, M.MT bersama Cholifah, M.Kes dan Rohman Dijaya, M.Kom serta tim mahasiswa dari prodi Informatika dan Manajemen.

Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi renstra bisnis dan renstra SI/TI RS Muhammadiyah saat ini, selanjutnya menghasilkan strategi yang menjadi nilai tambah untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bisnis pada RS Muhammadiyah, menghasilkan strategi yang optimal untuk memperoleh output seperti strategi managemen SI/TI, strategi bisnis SI dan strategi TI, dan menghasilkan rekomendasi investasi
portofolio pada RS Muhammadiyah.

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved