Piala AFF U19 2022

Timnas Gagal ke Semifinal Piala AFF U19 2022, Iwan Bule Pastikan Posisi Shin Tae-Yong Aman

Ketua Umum PSSI, Iwan Bule memastikan posisi Shin Tae-Yong sebagai pelatih Timnas U19 tetap aman meski gagal melaju ke semifinal Piala AFF U19 2022

Editor: eben haezer
PSSI
Pelatih Timnas Indonesi Shin Tae-yong saat memimpin jalanya latihan sebelum semifinal 

TRIBUNMATARAMAN.com - Timnas U19 Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF U19 2022. Meski demikian, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan bahwa posisi Shin Tae-Yong sebagai pelatih tetap aman.

Dikutip dari Kompas.com, Shin Thae-Yong telah membuat permainan anak-anak Timnas U19 Indonesia berkembang.

Pria yang akrab dipanggil Iwan Bule itu juga menilai bahwa kiprah Shin Tae-Yong membuat para pemain menjadi lebih tangguh.

"Ketika pemain cadangan dimainkan, ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain inti. Berarti Shin betul-betul mempunyai talenta luar baisa. Anak-anak juga memiliki 'Chemistry' dengan dia," kata Iwan Bule.

Sayangnya, dengan modal tersebut, keberuntungan belum berpihak kepada Timnas U19 Indonesia. Tim Garuda Nusantara belum berhasil melaku ke semifinal karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand.

Kemenangan 5-1 atas Myanmar belum bisa menyelamatkan Timnas U19 Indonesia karena laga Vietnam vs Thailand berakhir imbang 1-1.

Hasil dua laga tersebut membuat timnas U19 Indonesia, Vietnam, dan Thailand, kompak memiliki 11 poin setelah menyelesaikan lima pertandingan Grup A. Dengan demikian, ketiga tim di atas harus bersaing secara head to head dalam mini klasemen Grup A untuk menentukan posisi akhir mereka.

Hasilnya, Garuda Nusantara dipastikan gugur karena kalah head to head perihal agresivitas gol dari Thailand dan Vietnam.

"Untuk kelolosan ke semifinal, memang ada regulasi yang mengatur. Namun apa yang dilakukan Vietnam dan Thailand seharusnya tidak boleh mengingat mereka tim besar," kata Iriawan.

Dengan demikian, dua tim terbaik Grup A yang menyegel tempat di semifinal adalah Vietnam sebagai juara grup dan Thailand di peringkat kedua. Adapun terakhir kali Garuda Nusantara gagal lolos dari fase grup Piala AFF U19 terjadi pada tahun 2016.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gagal Lolos dari Fase Grup Piala AFF U19 2022, Posisi Shin Tae-yong Tetap Aman"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved