Berita Nganjuk

Baru 70 Persen Puskesmas di Nganjuk yang Siap Jadi BLUD

Dari sebanyak 20 Puskesmas di Kabupaten Nganjuk nantinya hanya sekitar 70 persen saja yang dapat dijadikan BLUD

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist
Ilustrasi 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Dinkes Kabupaten Nganjuk akan menjadikan Puskesmas sebagai BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) secara bertahap.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, dr Laksomono Pratigjo menjelaskan, nantinya hanya Puskesmas yang telah siap dan mampu saja yang akan dijadikan BLUD.

Setidaknya, dari sebanyak 20 Puskesmas di Kabupaten Nganjuk nantinya hanya sekitar 70 persen saja yang dapat dijadikan BLUD.

"Tapi saat ini kami masih terus mengkaji dan mengevaluasi kemampuan serta kesiapan dari setiap Puskesmas untuk bisa dijadikan BLUD tahun ini," kata Laksomono usai rapat kerja dengan Komisi IV DPRD Kabupaten Nganjuk, Senin (6/6/2022).

Sebenarnya, Dinkes mengharapkan seluruh Puskesmas di Kabupaten Nganjuk menjadi BLUD. Dengan demikian Puskesmas bisa mandiri dalam melakukan pengelolaan keuangan dan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Di samping itu, ungkap Laksomono, alokasi anggaran untuk menjadikan Puskesmas sebagai BLUD sudah ada dalam APBD Kabupaten Nganjuk.

Namun karena adanya syarat dan aturan yang baru sehingga BLUD belum bisa sepenuhnya di terapkan di Puskesmas.

"Ini persoalanya, harus dipenuhi dahulu semua persyaratan sesuai aturan sebelum dilaksanakan," ucap Laksomono.

Saat ini proses untuk menjadikan Puskesmas sebagai BLUD terus dijalankan.

Diantaranya dengan menggelar pelatihan dan pembinaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait dokumen Puskesmas.

"Untuk itu, ditargetkan tahun ini BLUD di Puskesmas sudah bisa dijalankan meski bertahap. Terutama bagi Puskesmas yang sudah memenuhi persyaratan sesuai aturan yang ada dan tenaga Puskesmas sudah siap semuanya," tutur Laksomono.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved