Nasional

Belum Disetujui Jokowi, Soal Harga Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu Belum Final

Penetapan harga tiket naik Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu per orang masih belum final karena belum dapat persetujuan Presiden Jokowi

Editor: eben haezer
ist/tribunnews.com
Stupa-stupa di Candi Borobudur 

TRIBUNMATARAMAN.com - Kenaikan harga tiket naik Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu bagi wisatawan lokal masih belum final.

Juru Bicara Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi menyampaikan bahwa hal itu masih menunggu keputusan presiden Jokowi.

'Hal ini (tarif baru Borobudur) masih akan dibahas dan diputuskan oleh preisden terkait 5 destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP)," ujar Jodi seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (5/6/2022).

Jodi menjelaskan, tarif baru dan pembatasan yang akan diberlakukan di Candi Borobudur akan diberlakukan untuk wisatawan yang akan naik ke atas Candi Borobudur.

“Untuk wisatawan yang akan menikmati naik ke atas Candi Borobudur,” jelasnya.

Kata Jodi, tarif baru yang direncanakan tersebut dilakukan dengan dasar karena kondisi candi yang saat ini sudah mengalami pelapukan.

“Pemerintah membuat ini semata-mata agar menjaga statusnya sebagai cagar budaya maka pemerintah kemudian melakukan hal tersebut,” jelas Jodi.

Baca juga: Jangan Salah Paham, Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Tak Berubah

Diberitakan sebelumnya, pemerintah berusaha melestarikan dan merawat Candi Borobudur dengan cara membatasi jumlah pengunjung.

Strateginya pemerintah berencana menaikkan tiket candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu per orang.

Namun, yang dimaksud dengan tiket seharga Rp 750 ribu ini bukanlah tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved