Breaking News:

Inspirasi Tata Rias

Pembatasan Aktivitas Ditiadakan, Konsep Makeup Wedding Jawa Modifikasi Makin Naik Daun

Namun sejak pelonggaran aktivitas masyarakat beberapa bulan belakangan, calon pengantin mulai bisa mengeksplor tata riasnya

Editor: eben haezer
ist/dok Twins Makeupartist. 
Riasan pengantin Jawa modifikasi dari Twins Makeupartist.  

Reporter: Luthfi Husnika

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Era new normal dan pelonggaran masa pandemi membawa angin segar dalam industri wedding.

Sebab, pesta pernikahan yang harus digelar privat selama dua tahun belakangan kini sudah boleh dirayakan meriah.

Selama pandemi, para pengantin lebih memilih konsep intimate wedding di mana acara pernikahan hanya dihadiri keluarga dan saudara dekat. Karena menyesuaikan konsep tersebut, tak jarang pengantin yang memilih makeup simpel dan busana sederhana.

Namun sejak pelonggaran aktivitas masyarakat beberapa bulan belakangan, calon pengantin mulai bisa mengeksplor konsep wedding mereka. Tak jarang pengantin yang memakai riasan lebih berwarna dengan busana meriah.

Contohnya saja para pecinta adat Jawa. Mereka banyak yang meminta konsep pernikahan dengan look Jawa modern, yakni penggabungan adat pakem dengan modifikasi di beberapa bagian.

"Sekarang yang paling banyak diminta calon pengantin itu konsep Jawa modifikasi. Jadi mereka maunya look tradisional Jawa, tapi ada sentuhan modern terutama di bagian makeup," ujar MuA Galih Setyo Jatmiko, Jumat (3/6/2022).

riasan pengantin adat jawa inspirasi
Riasan pengantin adat Jawa

Pemilik usaha Twins Makeupartist ini menuturkan, kebanyakan kliennya lebih memilih tradisional look karena dinilai lebih sakral. Apalagi dalam adat Jawa, pengantin akan melalui prosesi temu manten. Prosesi ini adalah salah satu bagian sakral yang penting dilakukan.

Saat prosesi temu manten Jawa, biasanya 'ibu panggih' atau yang bertugas menuntun jalannya temu manten akan menyiapkan peralatan temu sesuai adat setempat.

"Karena ada prosesi temu manten ini jadi banyak yang menganggap kalau pakai baju adat tradisional kelihatan lebih cocok. Apalagi ditunjang riasan dan aksesori yang senada," katanya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved