Sea Games Vietnam

Tiga Putra Daerah Lumajang Borong Medali Sea Games Vietnam

Saiful Rijal, atlet sepak takraw asal Lumajang berhasil mengibarkan Merah Putih di Sea Games 31 Hanoi Vietnam. Tiga medali emas sekaligus dia raih

Editor: eben haezer
tribunjatim/tony hermawan
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (kiri) konvoi bersama Saiful Rijal atlet sepak takraw yang berhasil meraih 3 medali di Sea Games 31 Hanoi Vietnam. 

Reporter: Tony Hermawan

TRIBUNMATARAMAN.com | LUMAJANG - Satu gelar juara kembali disandang putra daerah kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

Saiful Rijal, atlet sepak takraw asal Lumajang berhasil mengibarkan Merah Putih di Sea Games 31 Hanoi Vietnam. 

Yang bikin bangga dalam ajang bergengsi tersebut, pria asal Pronojiwo ini berhasil memboyong 3 medali sekaligus.

Medali emas diraih di nomor double event, medali perak di nomor kuadrat. Berikutnya di nomor beregu putra dia meraih perunggu.

Sebelumnya, kemenangan juga diraih oleh Zainal Fanani atlet kawakan cabang olahraga sepeda gunung. Dia mendapat medali emas setelah mengalahkan 18 atlet dari 10 negara. Kemudian Ihza Muhammad di debut yang sama berhasil meraih medali perak.

Kesuksesan 3 atlet ini disaksikan masyarakat Indonesia. Dua atlet sepeda gunung sebelumnya, saat datang ke Lumajang langsung diarak oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Hal yang sama juga dilakukan bupati ketika Saiful Rijal kembali pulang ke kampung halaman, Kamis (26/5).

Sambutan hangat juga terlihat diberikan oleh jajaran Forkopimda dan masyarakat ketika Saiful Rijal diarak oleh bupati. Sepanjang jalan Wonorejo hingga berhenti di depan Pendopo Arya Wiraraja, masyarakat tak henti-hentinya melambaikan tangan. Mereka menunjukkan rasa bangganya bahwa putra asal Lumajang bisa menoreh prestasi di kompetisi kelas internasional.

Thoriqul Haq mengaku bangga akan prestasi ini. Raihan medali emas menjadi kado istimewa bagi masyarakat Lumajang. Oleh karena itu, Saiful Rijal langsung diganjar Thoriq mendapat hadiah 1 unit rumah. 

Sebelumnya, hadiah rumah juga diberikan kepada Zainal Fanani, yang meraih emas dalam cabang olahraga sepeda gunung. Kemudian Ihza Muhammad peraih perak diberi uang tunai senilai Rp50 juta. Tiga atlet ini sekarang diberi tugas untuk segera mengkader bibit atlet agar di masa yang akan datang, Lumajang lebih banyak lagi memiliki atlet-atlet berprestasi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved