Berita Nganjuk

Plt Bupati Nganjuk Melepas Ekspor Perdana Sepatu Olahraga Buatan PT SAI ke Amerika Serikat

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi melepas dan memberangkatkan ekspor perdana sepatu olahraga produksi PT Sukses Abadi Indonesia (SAI) ke AS

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/ahmad amru muiz
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi (kanan) melepas kontainer berisi produk sepatu ekspor dari PT SAI di Nganjuk yang diekspor ke Amerika Serikat.  

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi melepas dan memberangkatkan ekspor perdana sepatu olahraga produksi PT Sukses Abadi Indonesia (SAI) ke Amerika Serikat. 

PT SAI adalah perusahaan yang memiliki pabrik berlokasi di Desa Gondang Kulon, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk.

Marhaen Djumadi mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk pihaknya mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya ekspor perdana produk New Balance.

Hal itu sekaligus sebagai apresiasi atas kinerja produksi dari PT SAI yang telah mendukung upaya Pemerintah dalam mengembangkan produk ekspor.

"Kehadiran PT SAI di Kabupaten Nganjuk secara tidak langsung mengurangi angka pengangguran. Dan Alhamdulillah tiga ribuan masyarakat Nganjuk bisa bekerja di PT SAI ini," kata Marhaen Djumadi, kemarin.

Dijelaskan Marhaen Djumadi, investasi merupakan salah satu cara untuk memulai pembangunan di Kabupaten Nganjuk. Terlebih, investasi di Kabupaten Nganjuk sekarang ini semakin mudah.

"Proses perizinannya telah kami permudah. Dengan syarat, pekerjaan pembangunan proyek pabrik yang mengerjakan harus orang Nganjuk, dan yang bekerja di perusahaan tersebut juga harus orang Nganjuk,” ucap Marhaen Djumadi.

Sementara President Director PT SAI, Mr Hong Choon Sik mengatakan, pihaknya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemkab Nganjuk.

“Saya ucapkan terimakasih pada semuanya. Ekspor perdana dapat berjalan dengan lancar. Semua ini untuk Nganjuk, semoga nanti bisa terus berkembang dan lebih banyak,” kata Hong Choon Sik asal Korea Selatan tersebut.

Sedangkan Kepala Kanwil DJBC Jawa Timur II, Oentarto Wibowo mengatakan, peran dan fungsi DJBC untuk proses Ekspor sepatu produksi PT SAI tersebut sebagai Revenue Collector atau dalam hal ini berfungsi untuk mengoptimalkan penerimaan negara dengan cara memungut pajak dari Bea Ekspor.

"Dan Pajak yang terkumpul itu akan digunakan untuk pembangunan negara," kata Oentarto Wibowo.

Dan untuk memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat dan juga pengusaha, menurut Oentarto Wibowo, pihaknya akan selalu mengawasi daerah yang menjadi kawasan industri. Terutama untuk meningkatkan kelancaran arus barang perdagangan.

"Daya saing produk ekspor semakin besar dan investasi semakin meningkat. Untuk itu tenaga kerja juga harus banyak. Tentunya ini berdampak pada perekonomian negara," ujar Oentaro.

Dari informasi manajemen PT SAI, tujuan ekspor perdana sepatu olahraga yang di produksi di Kabupaten Nganjuk tersebut yakni ke USA (United State of America) atau Amerika Serikat. Pengiriman ekspor tersebut menggunakan setidaknya lima kontainer yang memuat sebanyak 24.912 pasang sepatu dengan nilai taksiran nominal devisa mencapai USD 354.219,81 atau Rp 5,15 miliar.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved