Berita Nganjuk

Plt Bupati Nganjuk Minta Obyek Wisata Desa Kweden Dipercantik Lagi Setelah 2 Tahun Terdampak Pandemi

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi minta agar obyek wisata desa Kweden di kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, segera diperbaiki. 

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/ahmad amru muiz
Fasilitas kolam renang di taman edukasi wisata Desa Kweden, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk yang terbengkelai selama Pandemi covid-19 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi minta agar obyek wisata desa Kweden di kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, segera diperbaiki. 

Selama pandemi, taman wisata yang pernah menjadi primadona kabupaten Nganjuk ini sepi dan kurang terawat. 

Marhaen Djumadi mengatakan telah meminta Kepala Desa Kweden untuk kembali menghidupkan taman wisata Desa tersebut.

Setidaknya, taman wisata Desa Kweden tersebut bisa kembali menarik wisatawan untuk berkunjung. Diantaranya dengan kembali memfungsikan berbagai fasilitas yang ada di taman wisata Desa tersebut.

"Kondisi taman wisata Desa Kweden ini cukup memprihatinkan sehingga tidak lagi diminati wisatawan. Itu dikarenakan adanya persoalan dalam pengelolaan dan akibat Pandemi Covid-19," kata Marhaen Djumadi, Rabu (25/5/2022).

Dijelaskan Marhaen Djumadi, pihak Pemerintah Desa sebagai pemilik aset wisata Desa tersebut berupaya didorong untuk melakukan perbaikan kembali taman wisata Desa.

Selain itu, diharapkan Pemdes melalui BUMDes atau lainnya bisa mendatangkan konsultan untuk mempercantik kembali taman wisata Desa Kweden tersebut.

"Kami optimis, melihat lokasi destinasi taman wisata Desa Kweden yang cukup strategis maka tidak membutuhkan waktu lama apabila sudah dilakukan perbaikan akan bisa kembali menarik wisatawan untuk berkunjung ke taman wisata Desa tersebut," ucap Marhaen Djumadi.

Kata Marhaen Djumadi, Pemkab Nganjuk bersama DPRD Nganjuk saat ini berupaya mendorong munculnya taman-taman wisata Desa di Kabupaten Nganjuk.

Ini dikarenakan taman wisata Desa bisa menjadi salah satu terobosan pengembangan potensi yang ada di Desa-desa. Dimana dengan adanya wisata Desa dipastikan dapat mengangkat ekonomi warga sekitar dan juga bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PADes).

"Untuk itulah, bila ada taman wisata Desa yang tidak terurus kami berupaya untuk kembali dihidupkan. Karena banyak manfaat yang didapat oleh warga dari keberadaan taman wisata Desa tersebut," ujar Marhaen Djumadi.

Sementara Kepala Desa Kweden, Ikhsanudin mengatakan, setelah lebaran ini sebetunlya taman edukasi wisata Desa Kweden sudah kembali dibuka dan dioperasionalkan. Namun karena keterbatasan anggaran operasional yang cukup tinggi, maka beroperasinya taman edukasi wisata Desa Kweden masih dilakukan secara bertahap.

Di samping itu, tambah Ikhsanudin, sejumlah perbaikan juga sudah mulail dilakukan sedikit demi sedikit. Ini dikarenakan sejumlah fasiltas taman wisaa edukasi Desa Kweden perlu perawatan setelah dua tahun terbengkelai akibat Pandemi Covid-19.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Plt Bupati Nganjuk yang telah memberi dorongan untuk kembali membuka dan mengoperasikan taman edukasi wisata Desa Kweden yang sebelumnya sempat menjadi primadona di Kabupaten Nganjuk," tutur Ikhsanudin.

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved