Ibadah Haji 2022

Kuota Haji di Kabupaten Trenggalek Hanya 191 Orang, Akan Berangkat 8 Juni 2022

Kuota jemaah haji Kabupaten Trenggalek untuk ibadah haji 2022 hanya 191 orang. Berkurang 50 persen dibanding kuota tahun sebelumnya

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
ist/kemenag.go.id
Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji 

TRIBUNMATARAMAN.com| TRENGGALEK - Kuota jemaah haji Kabupaten Trenggalek untuk ibadah haji 2022 hanya 191 orang.

Jumlah itu turun signifikan dibanding kuota sebelumnya. Penurunan sekitar 50 persen.

Pengurangan kuota ini dampak aturan pemberangkatan haji. Yakni pembatasan kuota dan pembatasan usia jemaah yang diizinkan berangkat ke Tanah Suci.

Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek, Agus Prayitno mengatakan, pihaknya telah memverifikasi 191 orang calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini.

Verifikasi yang dilakukan berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Antara lain, calon jemaah sudah melunasi pembayaran dan berusia di bawah 65 tahun.

Mereka yang akan berangkat tahun ini merupakan bagian dari para calon jemaah yang keberangkatannya tertunda dalam dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19.

Agus mengatakan, jumlah calon haji di Kabupaten Trenggalek yang telah melunasi haji sebanyak 465 orang.

Dari jumlah itu, 191 orang diberangkatkan sesuai dengan kuota dan aturan yang berlaku.

"Saat ini tahapan persiapan sudah kami mulai. Manasik massal di tingkat kabupaten dan kecamatan," kata Agus, Rabu (25/5/2022).

Menurut Agus, jemaah haji Kabupaten Trenggalek akan berangkat pada 8 Juni 2022. Mereka berangkat bersama jemaah dari Kediri dan Surabaya.

"Nanti di Trenggalek akan berangkat dari pendopo seperti biasanya," ujarnya.

Menurut Agus, pembatasan kuota itu banyak membuat calon jemaah haji yang tak memenuhi syarat mempertanyakan kepastian soal kapan mereka bisa berangkat ke Tanah Suci.

"Tapi karena ini aturan dari pemerintah Arab Saudi, tentu kami hanya bisa memfasilitasi dan menyosialisasikan aturan tersebut kepada mereka," ucapnya.  

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved