Berita Ponorogo

Tujuh Pemuda di Ponorogo Jadi Tersangka, Usai Terjadi Ledakan Mercon Hingga Akibatkan Jari Terputus

Polres Ponorogo tetapkan 7 tersangka buntut adanya ledakan petasan yang mengakibatkan satu korban alami luka berat

Editor: faridmukarrom
Polres Ponorogo
Polres Ponorogo Menetapkan Tujuh Tersangka Kasus Petasan Meledak. (ist/Polres Ponorogo) -- 

Laporan Wartawan Sofyan Arif Candra

TRIBUNMATARAMAN.com | PONOROGO - Polres Ponorogo tetapkan 7 tersangka buntut adanya ledakan petasan yang mengakibatkan satu korban alami luka berat. 

Diketahui sebelumnya terjadi peristiwa ledakan petasan mercon di Desa Sambilawang pada Senin (4/4/2022) yang mengakibatkan luka berat pada tangan kanan pemuda setempat, Iqbal.

Baca juga: Genggam Mercon, Pemuda di Ponorogo Akhirnya Kehilangan 3 Jari Tangan

Menindaklanjuti insiden tersebut petugas kepolisian polres ponorogo melakukan penyelidikan dan memperoleh informasi bahwa ledakan petasan mercon tersebut berasal dari bubuk mesiu (bahan peledak petasan mercon) sisa pembuatan petasan mercon untuk memeriahkan balon udara tanpa awak.

Iqbal saat dirawat di RS setelah mercon meledak di genggamannya.
Iqbal saat dirawat di RS setelah mercon meledak di genggamannya. (tribunjatim/sofyan arif candra sakti)

"Jadi itu sisa hari raya lebaran tahun 2021 kemarin. Sisa obat petasan mercon tersebut lalu dibuat (diracik) oleh A.C.A bersama dengan A.S serta Iqbal sendiri pada hari Senin 4 april 2022," kata Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo, Selasa (5/4/2022).

Setelah terjadi ledakan tersebut petugas kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara dan menemukan barang bukti berupa 1 buah petasan tanpa sumbu dengan ukuran sekira 4,5 cm dan 1 plastik sisa ledakan petasan. 

Selain itu juga ditemukan 7 buah potongan paralon berbagai ukuran, 1 bendel buku bekas, 4 potong balok kayu, 1 buah gagang palu, 1 plastik arang, 3 plastik pupuk kno, 2 plastik alumunium powder, 1.238 buah selongsong petasan dan di rumah A.S di desa Sambilawang.

"Mereka beli patungan, rencananya beberapa bahan tersebut akan digunakan oleh pemuda lingkungan setempat untuk membuat petasan mercon yang akan dipasang di balon udara tanpa awak pada lebaran tahun 2022 ini," lanjutnya.

Polres Ponorogo Menetapkan Tujuh Tersangka Kasus Petasan Meledak. (ist/Polres Ponorogo)
--
Polres Ponorogo Menetapkan Tujuh Tersangka Kasus Petasan Meledak. (ist/Polres Ponorogo) -- (Polres Ponorogo)

Setelah cukup mengumpulkan barang bukti dan penyelidikan petugas mengamankan para pelaku yang diduga berkaitan dengan peristiwa tersebut untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 1 ayat (1) undang-undang darurat republik indonesia nomor 12 tahun 1951 juncto Pasal 65 KUHP juncto Pasal 53 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman mati, hukuman penjara seumur hidup atau hukuman pidana penjara setinggi-tingginya 20 tahun.

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved