Berita Nganjuk

Tahun Ini Seluruh Puskesmas di Nganjuk Ditarget Berstatus BLUD, Maksimalkan Layanan Kesehatan

Apabila Puskesmas berubah status menjadi BLUD maka akan berhak mengelola manajemen dan keuangan secara mandiri.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Anas Miftakhudin
Amru muiz
Puskesmas Pace Kabupaten Nganjuk sebagai salah satu Puskesmas dengan gedung baru yang statusnya nanti juga akan sebagai BLUD (Badan Layanan Umum Daerah). 

TRIBUNMATARAMAN.COM I NGANJUK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk menargetkan tahun ini seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) bisa berstatus sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Hal itu dilakukan sebagai langkah menjadikan Puskesmas lebih maju dan berkembang dalam pelayanan pada masyarakat.

Plt Kadinkes Kabupaten Nganjuk, Laksomono Pratignjo, mengatakan nantinya apabila Puskesmas berubah status menjadi BLUD maka akan berhak mengelola manajemen dan keuangan secara mandiri.

Dengan demikian mereka dalam melakukan pengembangan pelayanan kesehatan bisa dilakukan sendiri. Termasuk melengkapi fasilitas dan peralatan kesehatanya yang dimiliki.

"Intinya, dengan status BLUD tersebut maka Puskesmas bisa beroperasi layaknya seperti Rumah Sakit. Nantinya manajemen Puskesmas betul-betul diuji sungguhan," kata Laksomono, Selasa (5/4/2022).

Dijelaskan Laksomono, sebenarnya Puskesmas berbadan hukum BLUD telah direncanakan sejak dua tahun lalu.

Dimana proses tersebut tidak diketahui pada tahun 2021 lalu berhenti dengan sendirinya. Padahal, persiapan untuk menjadikan Puskesmas sebagai BLUD tersebut sudah dilakukan sejak lama.

Terlebih, dikatakan Laksomono, berhagai pelatihan dan bimbingan teknis pada tenaga kesehatan serta melengkapi sarana dan prasarana fasilitas kesehatan di Puskesmas telah dilakukan semuanya.

Untuk itu, tahun ini seluruh Puskesmas di Kabupaten Nganjuk harus bisa berbentuk BLUD.

"Saat ini proses untuk menjadi Puskesmas berstatus BLUD tersebut terus dilakukan. Setidaknya dalam enam bulan ke depan proses itu selesai dan bisa direalisasi," tandas Laksomono.

Disamping itu, tambah Laksomono, alokasi anggaran untuk setiap Puskesmas yang berubah status menjadi BLUD tersebut juga telah dialokasikan dalam APBD Kabupaten Nganjuk.

Apalagi Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga sudah memberikan pemahaman terkait status BLUD untuk Puskesmas di Kabupaten Nganjuk yang bisa dijalankan.

"Maka dari itu, kami akan berupaya keras agar semua Puskesmas di Kabupaten Nganjuk bisa berstatus sebagai BLUD. Sehingga Puskesmas bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat layaknya Rumah Sakit," tutur Laksomono.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved