Ramadhan 2022

Makan Telur Saat Makan Sahur Ternyata Dapat Beri Cadangan Energi Untuk Puasa Sepanjang Hari

Telur menjadi salah satu lauk pauk yang sangat disarankan untuk dikonsumsi saat makan sahur karena dapat memberi cadangan energi saat puasa seharian

Editor: eben haezer
ist/cdn.kibrispdr.org
Telur sangat baik dijadikan lauk sahur karena dapat memberi cadangan energi agar kuat puasa sepanjang hari. 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Momen makan sahur dimanfaatkan untuk mempersiapkan cadangan makanan dalam tubuh sebelum puasa seharian.

Dengan makan sahur, tubuh akan memiliki cadangan makanan yang diolah untuk menjadi energi seharian. Tanpa makan sahur, tubuh akan menjadi lebih lemas dan kurang bertenaga.

Untuk memenuhi kebutuhan energi harian, diperlukan makan sahur dengan gizi seimbang. Ada beberapa komponen makanan yang disarankan seperti telur yang mengandung protein tinggi, daging, ikan, sayur mayur, buah dan karbohidrat tentunya.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Kurma saat Berbuka Puasa, Cepat Gantikan Energi yang Hilang

Telur menjadi salah satu lauk pauk yang sangat disarankan untuk dikonsumsi saat makan sahur. Telur yang mengandung protein tinggi

"Saat makan sahur dianjurkan konsumsi makanan gizi seimbang dan tinggi protein. Protein hewani maupun nabati sama baiknya. Telur misalnya, ini sangat baik karena kadar proteinnya tinggi," kata Mirthasari Palupi SST, M. Kes., Ahli Gizi dari Akademi Gizi Karya Husada Kediri.

Perempuan yang akrab disapa Upi tersebut menjelaskan, telur merupakan sumber protein yang punya nilai biologis tinggi. Dalam prosesnya, nilai biologis telur bisa mencapai 99 persen.

Makanan dengan kadar biologis tinggi memungkinkan diserap lebih banyak. Artinya, telur yang dikonsumsi dalam tubuh, sarinya akan terserap hampir semuanya.

"Kalau makanan lain kan sebagian terbuang, kalau telur ini tidak. Karena nilai biologis telur tinggi, jadi telur akan terserap semuanya. Konsumsi telur saat makan sahur penting, mengingat efektivitas penyerapannya dalam tubuh," jelas Upi.

Menurut Upi, telur yang semuanya bisa diserap tubuh akan memberikan tambahan energi untuk aktivitas sehari-sehari, terutama saat berpuasa. Protein memang berfungsi untuk memberi cadangan energi pada tubuh.

Upi menuturkan, konsumsi telur saat sahur lebih memiliki manfaat ketimbang daging. Namun, bukan berarti konsumsi daging tidaklah baik.

"Telur ini kan nilai biologisnya 99 persen, jadi hampir semuanya bisa diserap tubuh. Bahkan kalau dibandingkan dengan daging, telur lah yang punya nilai biologis lebih tinggi. Tapi, konsumsi daging juga baik," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved