Amblesnya Jembatan Balun

Ratusan Kendaraan Masih Terjebak Kemacetan dari Paciran Lamongan Hingga Ujungpangkah Gresik

Ratusan kendaraan terjebak kemacetan belasan kilometer dari arah Paciran Lamongan menuju Ujungpangkah Gresik.

Editor: faridmukarrom
Hanif Manshuri
Kemacetan arus Lalin si jalan pantura daendels macet didominasi oleh kendaraan besar, Rabu (30/3/2022). Hanif Manshuri 

Laporan Wartawan Hanif Manshuri

TRIBUNMATARAMAN.com | LAMONGAN - Ratusan kendaraan terjebak kemacetan belasan kilometer dari arah Paciran Lamongan menuju Ujungpangkah Gresik. 

Jalan daendels yang menjadi pilihan kendaraan besar mengundang kemacetan yang cukup parah. Apalagi jalannya hanya dua ruas. Kemacetan mulai terjadi  sejak Rabu (30/3/2022) pagi tadi. Kendaraan besar mengular dan hanya bisa bergerak lambat.


"Sejak pagi terjadi kemacetan panjang di jalur jalan Daendels yang ada di wilayah Kecamatan Paciran," kata Thoriq Hidayatullah warga Drajat saat dihubungi Surya.co.id, Rabu (30/3/2022).

Kepadatan arus lalulintas, kata Thoriq, didominasi oleh kendaraan berat yang memang dialihkan ke jalur ini imbas dari amblesnya jembatan Balun yang ada di jalur poros nasional.

Kondisi kemacetan di jalan Pantura Gresik, Rabu (30/3/2022). 
Kondisi kemacetan di jalan Pantura Gresik, Rabu (30/3/2022).  (Willy Abraham)

Kemacetan, utamanya nampak kendaraan yang dari arah barat menuju ke timur atau yang menuju Ujung Pangkah Gresik.

Thoriq tidak tahu pasti berapa panjang kemacetan yang terjadi, hanya saja macet parah terjadi pada Rabu pagi dan saat ini arus lalulintas pelan-pelan sudah mulai terurai. "Pagi tadi macet pol, tapi sekarang mulai bergerak, padat merayap," ungkapnya.

Sementara, Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana mengatakan, kemacetan yang terjadi di wilayah Pantura Lamongan karena adanya pengalihan arus lalu lintas imbas dari pengalihan arus yang terjadi akibat amblesnya jembatan Balun. 

"Selain Paciran, titik kemacetan mungkin di Manyar, nanti dari Polda yang mengatur kendaraan dari Gresik menuju tol Mojokerto," kata Miko saat ditemui Surya.co.id di lokasi jembatan ambles.

Menurutnya, hasil koordinasi kepolisian, untuk sementara kendaraan besar dari arah Gresik diarahkan melalui Jalan Raya Daendels Paciran atau Pantura melalui akses Manyar. 

Dan sebaliknya, kendaraan besar dari Tuban harus dialihkan ke Jalan Raya Daendels Paciran ke arah Surabaya. Selain itu, kendaraan besar dari arah Bojonegoro dan Tuban bisa melewati Jalan Babat ke selatan arah Jombang menuju Surabaya.

Ada pun untuk kendaraan pribadi dari arah Lamongan menuju Tuban bisa melewati jalur alternatif di Kecamatan Sugio, Kedungpring, dan Babat. 

--

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved