Berita Nganjuk

Peringati Hari Tuberkulosis Dunia, Bidan Puskesmas dan Kader di Nganjuk Gelar Grebek TBC

Memperingati hari Tuberculosis (TBC) Dunia, Bidan dan Kader TBC di kabupaten Nganjuk menggelar Grebek TBC, keliling ke kampung-kampung

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist
Bidan Puskesmas dan Kader TBC melakukan pendataan di rumah warga dalam rangka gerebek Tuberkulosis peringati hari TBC Dunia.  

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Memperingati hari Tuberculosis (TBC) Dunia, Bidan dan Kader TBC di kabupaten Nganjuk menggelar Grebek TBC. Kegiatan yang sebenarnya dilakukan setiap bulan  tersebut bertujuan untuk menemukan suspek atau terduga TBC yang ada di wilayah Puskesmas Nganjuk Kota Kabupaten Nganjuk.

Pemegang Program TBC Puskesmas Kecamatan Nganjuk, Henny Dwi Handayani mengatakan, kegiatan peringatan TBD Dunia tersebut diikuti oleh sejumlah bidan bersama semua Kader TBC. Mereka bergerak secara serentak di wilayah Kecamatan Nganjuk.

"Kita lakukan Grebek TBC dengan cara door to door atau dari rumah ke rumah. Kegiatan dilaksanakan di wilayah Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk,” kata Henny Dwi Handayani, kemarin.

Selain itu, dikatakan Henny, pihaknya juga menjelaskan kepada masyarakat tentang beberapa gejala yang dialami penderita TBC.Diantaranya batuk selama lebih dua minggu ,nafsu makan menurun, demam berkepanjangan, berkeringat dingin dimalam hari tanpa melakukan aktivitas apapun.

"Sesak nafas dan berat badan menurun juga menjadi salah satu gejala penderita TBC," ucap Henny.

Selanjutnya, ungkap Henny, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan TBC. Yaitu dengan cara tutup mulut saat batuk dan bersin, memakai masker, jangan meludah atau membuang dahak sembarangan, mengurangi interaksi sosial, membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan dan membatasi kontak dengan kelompok rentan.

"Kami berharap kepada masyarakat bila ada gejala TBC cepat periksa ke Puskesmas serta mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan dan menjaga pola makan yang sehat dan bergizi,” tutur Henny Dwi Handayani. (aru/Achmad Amru Muiz)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved