Berita Nganjuk

Anggota DPRD Nganjuk yang Terjerat Narkoba Belum di PAW, Perkaranya Divonis 10 Bulan Penjara

untuk saat ini DPRD Nganjuk belum ada keputusan terhadap salah satu anggota kami yang terjerat kasus Narkoba itu dan sudah ada keputuan inkracht.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Anas Miftakhudin
Amru muiz
Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono. 

TRIBUNMATARAMAN.COM I NGANJUK - DPRD Kabupaten Nganjuk hingga kini belum menerima surat Pergantian Antar Waktu (PAW) dari Parpol salah satu anggota dewan yang terjerat kasus Narkoba.

Ini setelah salah satu Anggota DPRD Nganjuk berinisial MIK dijatuhi vonis oleh hakim Pengadilan Negeri Nganjuk hukuman penjara selama 10 bulan.

Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono, mengatakan pihaknya akan menunggu surat kepastian dari PN Nganjuk.

Apabila surat resmi dari PN sudah didapat maka pihaknya bisa menjalankan proses usulan penghentian keanggotaan bersangkutan sebagai Anggota DPRD ke Gubernur Jatim.

"Jadi, untuk saat ini DPRD Nganjuk belum ada keputusan terhadap salah satu anggota kami yang terjerat kasus Narkoba itu dan sudah ada keputuan inkracht," kata Tatit Heru Tjahjono, Kamis (17/3/2022).

Dijelaskan Tatit Heru Tjahjono, sebenarnya DPRD Nganjuk ketika anggota DPRD terjerat kasus Narkoba teregister  menjadi terdakwa di Pengadilan sudah langsung mengirim surat penonaktifan ke Gubernur Jatim.

Namun surat tersebut hingga kini belum ada jawaban dari Gubernur Jatim. Dengan demikian keanggotaan oknum anggota DPRD tersebut masih aktif, sehingga masih berhak mendapatkan gaji meski telah menjadi terdakwa di pengadilan.

"Karena aturanya memang begitu, DPRD tidak dapat begitu saja menonaktifkan keanggotaan seseorang sebagai Anggota DPRD meski bersalah dan terjerat kasus hukum pidana," tandas Tatit Heru Tjahjono.

Namun yang pasti, tambah Tatit Heru Tjahjono, pihaknya akan segera memproses PAW Anggota DPRD terjerat kasus Narkoba yang telah ada keputusan inkracht di PN Nganjuk.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan Parpol tempat anggota DPRD tersebut bernaung segera mengirim surat PAW.

"Apabila hari ini kami telah menerima surat usulan PAW dari Parpol bersangkutan maka hari ini juga kami akan proses verifikasi ke KPU Nganjuk dan seterusnya. Dengan demikian PAW bisa segera dilakukan," tutur Tatit Heru Tjahjono.

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved