Berita Nganjuk

Pemkab Nganjuk Pastikan Tidak Ada Copy Paste Penyusunan RKPD, Musrenbang Lebih Terinci Setiap OPD

Prioritas pembangunan infrastruktur jalan, penggunaan anggaran yang tepat sesuai aturan, dan pengentasan kemiskinan serta pengangguran.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Anas Miftakhudin
Amru muiz
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi saat memberi arahan dalam penyusunan RKPD tahun 2023 melalui Musrenbang yang di gelar di pendopo Kabupaten Nganjuk.  

TRIBUNMATARAMAN.COM I NGANJUK - Pemkab Nganjuk memastikan tidak akan ada copy paste penyusunan anggaran dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2023.

Ini dikarenakan anggaran yang telah dihitung dalam RKPD akan masuk dalam Sistem Informasi Perangkat Daerah (SIPD) yang langsung terintegrasi dengan sistem data Pemerintah Pusat

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, dalam menyusun anggaran RKPD melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pihaknya telah meminta setiap OPD betul-betul menghitung betul mana program yang penting untuk diutamakan dalam pembangunan.

Dengan demikian rencana pengalokasian anggarannya akan bisa direalisasikan apabila sudah terdaftar dan masuk dalam SIPD.

"Tentunya apabila ada program pembangunan yang anggarannya tidak masuk dalam SIPD maka dipastikan tidak dapat dijalankan. Makanya betapa pentingnya memasukkan anggaran program pembangunan dalam SIPD hasil dari RKPD," kata Marhaen Djumadi, Rabu (16/3/2022).

Sejak awal, Marhaen Djumadi menuturkan, dalam anggaran progran pembangunan di Kabupaten Nganjuk harus dihitung dengan betul dengan skala prioritas bagi masyarakat dengan tidak melanggar aturan.

Yakni prioritas pembangunan infrastruktur jalan, penggunaan anggaran yang tepat sesuai aturan, dan pengentasan kemiskinan serta pengangguran.

"Tiga skala prioritas program tersebut yang akan difokuskan pelaksanaanya untuk dimulai tahun 2022 dan 2023 nanti," ucap Marhaen Djumadi.

Tiga prioritas rencana pembangunan tersebut, menurut Marhaen Djumadi, diimplementasikan dalam 14 program unggulan pembangunan Kabupaten Nganjuk di tahun 2023.

Yakni, pembangunan infrastruktur jalan, peningkatan profesionalisme birokrasi yang bersih dari korupsi, pengentasan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta penggunaan pendidikan diniyah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved