Kemenag Rilis Logo Halal Baru Mirip Gunungan Wayang, Dikritik Netizen Karena Dianggap Jawasentris

Kemenag RI merilis logo halal yang baru berbentuk Gunungan Wayang. Logo halal yang baru ini langsung menuai kritik netizen karena dianggap Jawasentris

Penulis: eben haezer | Editor: eben haezer
ist/BPJPH Kemenag RI
Gambar label halal mirip Gunungan Wayang yang baru dirilis Kementerian Agama RI. 

TRIBUNMATARAMAN.com | JAKARTA - Kementerian Agama RI meluncurkan logo halal yang baru.

Jauh berbeda dari logo halal yang lebih dulu populer, logo halal yang diluncurkan Kemenag ini terlihat mirip gunungan wayang.

Karena itu pula, logo halal dari Kemenag ini langsung menuai kritik karena dianggap Jawasentris.

Hujan kritik terhadap logo halal Kemenag ini bertaburan di media sosial Twitter.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Muhammad Aqil Irham menampik.

Dikutip dari Kompas.com, Aqil Irham mengatakan bahwa bentuk dan corak label halal Indonesia sangat kuat dengan karakter Indonesia yang masyarakatnya religius.

Hal itu menurutnya, terlihat dari paduan kaligrafi dan pola batik Nusantara yang mengandung nilai-nilai universal, yaitu kemanusiaan dan ketuhanan. Aqil pun tak menampik bahwa bentuk label Halal Indonesia memang menyerupai gunungan wayang dan terkesan Jawa.

"Memang secara simbolik bentuknya seperti wayang dan terkesan Jawa, namun corak dan motifnya serta warna ungu dan hijau toska sebagai warna utama dan sekunder mengandung nilai-nilai Nusantara dan Islam," ujar dia, Minggu (13/3/2022) pagi.

Ditambahkan Aqil, hal substantif lainnya adalah nilai-nilai Islam menjadi rahmatan lil alamin dengan pendekatan seni dan budaya lokal, mengakomodasi kearifan lokal, tentu budaya apa saja dan di mana saja.

Kendati banyak mendapat kritikan, ia menegaskan, label Halal Indonesia ini akan tetap terus disosialisasikan. Menurutnya, hal yang baru wajar bila menimbulkan banyak pertanyaaan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved