Berita Blitar

Sambut Baik Penghapusan Syarat Tes Swab, PO Bus di Terminal Patria Blitar Yakin Penumpang Meningkat

Sejumlah awak bus di Terminal Tipe A Patria Kota Blitar menyambut gembira kebijakan pemerintah yang menghapus syarat tes swab antigen dan PCR

Penulis: Samsul Hadi | Editor: eben haezer
tribunmatara
Suasana di Terminal Tipe A Patria Kota Blitar, Kamis (10/3/2022).  

TRIBUNMATARAMAN.com I BLITAR - Sejumlah awak bus di Terminal Tipe A Patria Kota Blitar menyambut gembira kebijakan pemerintah yang menghapus tes swab antigen dan PCR sebagai syarat perjalanan bagi penumpang yang sudah vaksin Covid-19 dosis dua dan dosis tiga. 

Dengan penghapusan tes swab antigen dan PCR sebagai syarat perjalanan, para awak bus optimistis jumlah penumpang akan meningkat. 

Pengawas PO Harapan Jaya di Terminal Tipe A Patria Kota Blitar, Isbianto mengapresiasi kebijakan pemerintah yang menghapus tes swab antigen dan PCR sebagai syarat perjalanan. 

Menurutnya, kebijakan itu sudah lama ditunggu-tunggu oleh para awak bus. 

"Dengan kebijakan itu peluang masyarakat untuk berpergian naik bus akan meningkat kembali," kata Isbianto, Kamis (10/3/2022). 

Dikatakannya, selama ini, persyaratan tes swab antigen dan PCR menjadi kendala bagi masyarakat untuk berpergian naik bus. 

Selain ada biaya tambahan perjalanan, masyarakat juga takut untuk menjalani tes swab sebelum melakukan perjalanan naik angkutan umum. 

"Selama ini, banyak masyarakat takut diswab. Mereka khawatir kalau hasilnya positif akan menjalani karantina dan lain-lain," ujarnya. 

Pengawas PO Bagong, Gustaf Karel mengatakan bagi calon penumpang yang sudah menjalani vaksin dosis dua dan dosis tiga sekarang tidak wajib menyertakan hasil tes swab sebagai syarat perjalanan.

"Kami menyambut baik kebijakan itu, sekarang kondisi penumpang mulai meningkat. Ketika ada syarat tes swab bagi pelaku perjalanan, banyak masyarakat takut naik angkutan umum," katanya. 

Dikatakannya, jumlah bus PO Bagong yang beroperasi sekarang juga mulai bertambah. 

Sebelumnya, hanya ada empat unit bus yang beroperasi dan sekarang bertambah menjadi delapan unit. 

"Jumlah bus PO Bagong ada 17 unit, tapi yang jalan hanya empat unit, sekarang tambah jadi delapan unit bus yang jalan," ujarnya. 

Kepala Terminal Tipe A Patria Kota Blitar, Verie Sugiharto mengatakan kebijakan tidak mewajibkan pelaku perjalanan menunjukkan hasil tes swab berlaku sejak 8 Maret 2022.

Kebijakan itu berlaku bagi pelaku perjalanan yang sudah menjalani vaksin Covid-19 dosis dua dan dosis tiga. 

"Pelaku perjalanan yang sudah menjalani vaksin dosis dua dan dosis tiga tidak wajib menunjukkan hasil tes swab saat naik angkutan umum, tapi tetap wajib prokes," katanya. 

Verie memperkirakan dengan adanya kebijakan itu jumlah penumpang di Terminal Patria akan meningkat. 

"Sekarang belum kelihatan, karena kebijakan itu baru berlaku dua hari ini. Tapi kami memperkirakan jumlah penumpang akan meningkat," ujarnya. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved