Breaking News:

Berita Kediri

Kasus Bantuan Pangan Nontunai, Kejari Kota Kediri Segera Tetapkan Tersangka

Kejari Kota Kediri segera menetapkan tersangka dalam kasus dugaan penyelewenagna bantuan pangan nontunai (BPNT)

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Harry Rachmad, Kasi Intel Kejari Kota Kediri 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Kejaksaan Negeri Kota Kediri telah menetapkan kasus dugaan korupsi bantuan pangan non tunai (BPNT) tahun 2020 dan 2021 ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Kasi Intel Kejari Kota Kediri, Herry Rachmad menjelaskan, setelah meningkatkan penyidikan, Kejari Kota Kediri segera menetapkan tersangkanya.

Ditetapkan kasus BPNT ke tahap penyidikan ini sesuai dengan Surat Perintah Penyidikan No 02/M.5.13/FD.1/01/2022 tertanggal 5 Januari 2022 terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi penyaluran dana bantuan sosial BPNT yang dilakukan oleh oknum Kantor Dinas Sosial Kota Kediri beserta petugas pendamping tahun anggaran 2020 dan 2021.

Sementara terkait dengan potensi kerugian dari dugaan tindak pidana korupsi saat ini masih dalam perhitungan penyidik.

"Nilai kerugian belum bisa saya sampaikan," ungkapnya.

Sementara pasal yang disangkakan, pasal 12 huruf E, pasal 12 huruf B, pasal 11 junckto pasal 18 ayat 1 huruf B Undang-Undang RI  No 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi.

Sementara dugaan korupsi yang dilakukan terkait dengan adanya permintaan fee atau gratifikasi yang diterima oleh oknum petugas dari pihak penyalur suplier beras, telur dan kacang-kacangan kepada 34 E Warung yang mendistribusikan bantuan. 

"Gratifikasi diterima setiap penyaluran mulai Agustus 2020 sampai September 2021," jelasnya.

Dijelaskan, alokasi dana BPNT  sebelum ada Pandemi Covid 19 sebanyak 10.000  penerima manfaat. Setelah ada Pandemi Covid 19 jumlah penerima BPNT di Kota Kediri bertambah menjadi 20.000 atau meningkat dua kali lipat. 

Dijelaskan, jumlah penerima BPNT setiap bulan fluktuatif karena ada penerima yang meninggal dunia atau telah pindah domisili. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved