Breaking News:

Berita Kediri

84 Produk UMKM Asli Kota Kediri Dipajang di Retail Modern

Bagi yang tidak tahu-menahu bagaimana pengurusan izinnya, datang saja ke DPMPTSP nanti akan dibantu oleh petugas perizinan, gratis.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Anas Miftakhudin
TribunMataraman.com/Didik Mashudi
Produk UMKM asli Kota Kediri yang telah terdisplay di toko retail modern kemitraan di Kota Kediri. 

TRIBUNMATARAMAM.COM I KEDIRI - Debanyak 84 produk UMKM Kota Kediri telah terdisplay di toko retail modern kemitraan. Produk tersebut merupakan Produk UMKM Asli Kota Kediri (Pusaka).

Rinciannya, 23 produk di Indomaret dan Alfamart, 9 produk di Borobudur Swalayan, 30 produk di Golden Swalayan dan 22 produk di Samudra Supermarket

“Kalau di Ace Hardware dan Informa sistemnya setiap bulan diisi oleh satu komunitas UMKM. Jadi misalnya bulan ini diisi Aspemtari (Asosiasi Pengusaha Makanan Minuman Kota Kediri), bulan depan ganti Asosiasi Pengusaha Tenun,” jelas Edi Darmasto, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kediri, Sabtu (8/1/2022).

Edi Darmasto menjelaskan, prosedur agar produk UMKM dapat terserap di modern retail dengan meminta data kepada dinas teknis terkait untuk mengirimkan data UMKM pilihan. 

"Saat ini kita punya 50 data UMKM pilihan yang nantinya kami berikan ke toko modern dan dipilih oleh mereka. Selanjutnya dilakukan kurasi, hasil dari kurasi itu berapa yang lolos untuk dipasarkan,” jelasnya.

Untuk melindungi konsumen, Pemkot Kediri menetapkan standar produk UMKM yang layak dipasarkan di toko modern.

Di antaranya, pencantuman informasi berat bersih atau isi bersih, izin P-IRT, label halal, serta tanggal kadaluarsa diikuti oleh dokumen pendukung.

Pemkot Kediri berkomitmen memberi kemudahan penanaman modal berupa percepatan pelayanan perizinan. 

“Jadi pelaku UMKM tidak perlu khawatir, untuk mengurusnya akan difasilitasi Pemkot Kediri. Bagi yang tidak tahu-menahu bagaimana pengurusan izinnya, datang saja ke DPMPTSP nanti akan dibantu oleh petugas perizinan, gratis,” jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved