Breaking News:

Berita Kediri

Vaksinasi Untuk 26 Ribu Anak di Kota Kediri Ditargetkan Rampung Dalam Sebulan

Vaksinasi untuk anak usia 6 - 11 tahun di Kota Kediri ditargetkan dapat diselesaikan dalam waktu sebulan. Total ada 26.000 lebih sasaran vaksinasi

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Wali kota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat meninjau vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun. 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Vaksinasi untuk anak usia 6 - 11 tahun di Kota Kediri ditargetkan dapat diselesaikan dalam waktu sebulan. Total ada 26.000 lebih sasaran yang harus divaksinasi.

Kegiatan vaksinasi untuk anak telah dimulai sejak  pertengahan Desember 2021 diharapkan selesai pertengahan atau akhir Januari 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr Fauzan Adima menjelaskan, target total vaksinasi anak-anak sekitar 26.000 lebih. "Diharapkan dalam sebulan kami targetkan selesai," jelasnya.

Dr Fauzan menjelaskan, kendala di lapangan dalam vaksinasi anak di antaranya, anak tidak diantar oleh orangtuanya karena kesibukan. 

Namun ketentuan siswa diantar oleh orangtuanya bisa diwakilkan kepada keluarga.

"Ini untuk screeningnya karena anak biasanya tidak tahu terakhir diimunisasi apa ? Apa punya gejala demam, yang tahu orangtuanya," jelasnya.

Kendala lainnya ada beberapa anak yang memang tidak bisa diimunisasi karena sakit atau takut. 

Diharapkan droping vaksin untuk anak tidak terlambat dan tepat waktu.  "Kalau droping terlambat targetnya akan molor, kalau lancar maksimal satu bulan sudah selesai," jelasnya.

Sementara untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) telah disiapkan Komisariat Komda KIPI di RSUD Gambiran dan RS Bhayangkara. Sedangkan untuk KIPI yang gejala ringan ditangani setiap puskesmas.

Sementara Marsudi Nugroho, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kediri berharap orangtua siswa untuk mendorong putra putrinya untuk mengikuti vaksinasi.

Sebelumnya, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menjelaskan, vaksinasi untuk anak dosisnya 0,5.

Diharapkan setelah selesai vaksinasi, dapat dilakukan pembelajaran tatap muka (PTM).

Karena jika sudah pembelajaran luring multiplier effect-nya juga banyak, termasuk dampak ekonominya. Selain itu gap ketertinggalan tidak terlalu menganga. 

Ditargetkan vaksinasi anak dapat diselesaikan dalam waktu sebulan. Karena perlakuan untuk vaksinasi anak berbeda dibandingkan dengan vaksinasi orang dewasa.

Saat ini capaian vaksinasi di Kota Kediri telah mencapai 123 persen dosis pertama dan dosis kedua 98 persen. Sementara vaksinasi lansia sudah mencapai 68 persen.(didik mashudi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved