Breaking News:

Berita Kediri

Indeks Pembangunan Manusia Kota Kediri Naik 0,37 Persen

Survei BPS Kota Kediri menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Kediri tahun 2021 mengalami peningkatan dibanding tahun 2020 sebesar 0,37%

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Kegiatan senam pernafasan ibu hamil yang berlangsung di Balai Kota Kediri beberapa waktu lalu 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Kediri tahun 2021 mengalami peningkatan dibanding tahun 2020 sebesar 0,37 persen. 

Kenaikan IPM Kota Kediri menjadi indikasi adanya peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Tahun 2021 IPM berada di angka 78,60 mengalami peningkatan sebesar 0,37 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar 78,23,” ungkap Lilik Wibawati, Kepala BPS Kota Kediri, Kamis (6/1/2022).

Dijelaskan Lilik Wibawati, di Kota Kediri trend IPM terus mengalami peningkatan berturut-turut setiap tahunnya sejak tahun 2010.

Dijelaskan, pengukuran tersebut didasarkan pada tiga dimensi ukuran kualitas hidup. 

Ketiga dimensi tersebut meliputi kesehatan dilihat dari umur panjang dan hidup sehat; dimensi pengetahuan ditinjau dari harapan lama sekolah (HLS) dan rata-rata lama sekolah (RLS); dan dimensi standar hidup layak yang direpresentasikan oleh pengeluaran perkapita. 

Dari ketiga dimensi tersebut pada tahun 2021 terjadi kenaikan di setiap dimensi. “Kualitas kesehatan dan pendidikan, serta pengeluaran per kapita masyarakat Kota Kediri, seluruhnya mengalami peningkatan,” tandasnya.

Sementara urgensi dari survei indeks pembangunan manusia, bermanfaat untuk menentukan arah kebijakan tentang bagaimana memberdayakan manusia. 

“Dengan IPM yang tinggi harapannya semua cakupan ada kemajuan, yang bermuara ke pembangunan sumber daya manusia. Karena manusia tidak hanya sebagai objek, melainkan juga sebagai subjek pula,” ungkapnya.

Sementara Chevy Ning Suyudi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kediri mengatakan, Pemerintah Kota Kediri terus berupaya untuk meningkatkan capaian indeks pembangunan manusia.

 “Memang betul trend capaian IPM di Kota Kediri terus meningkat, namun belum terlalu signifikan. Di tingkat provinsi kita berada di posisi ke 6. Kami terus berupaya untuk mengejar ketertinggalan tersebut,” terangnya.

Bersama BPS akan melakukan koordinasi lebih lanjut terhadap capaian IPM guna mengkaji kendala-kendala yang disinyalir menjadi faktor penghambat naiknya capaian.

“Kami bersama BPS akan melakukan kajian lebih lanjut, sehingga capaian IPM bisa naik secara signifikan. Harapannya dapat menduduki peringkat teratas capaian IPM di tingkat Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved