Breaking News:

Berita Blitar

Antisipasi Omicron, Rumis di Poltekkes Kembali Difungsikan untuk Karantina Pekerja Migran

Pemkot Blitar kembali memfungsikan Rumah Isolasi di bekas asrama mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Malang di Jl Dr Soetomo, Kota Blitar

Penulis: Samsul Hadi | Editor: eben haezer
Tribunmataraman.com/samsul hadi
Suasana Rumis di Poltekkes Malang, Jl Dr Soetomo, Kota Blitar, Selasa (4/1/2022). 

TRIBUNMATARAMAN.COM I BLITAR - Pemkot Blitar kembali memfungsikan Rumah Isolasi (Rumis) di bekas asrama mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Malang di Jl Dr Soetomo, Kota Blitar.

Rumis di Poltekkes difungsikan lagi untuk mengantisipasi merebaknya kasus Covid-19 varian baru omicron. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, dr Dharma Setiawan mengatakan Rumis di Poltekkes difungsikan lagi sebagai tempat karantina dan isolasi pekerja migran dan warga yang baru datang dari luar negeri. 

Langkah itu sebagai upaya mengantisipasi adanya kasus Covid-19 varian baru omicron. 

"Kota Blitar salah satu daerah yang ada dalam paparan, meski sampai sekarang di Kota Blitar belum ditemukan kasus varian baru omicron, tapi di Jawa Timur sudah ada varian omicron yang diderita warga Surabaya," kata Dharma, Selasa (4/1/2022). 

Dikatakannya, ada dua gedung di Poltekkes Malang yang digunakan untuk Rumis. 

Satu gedung yang merupakan bekas asrama mahasiswa dengan kapasitas 102 tempat tidur digunakan sebagai tempat karantina. 

Sedang satu gedung lagi yang merupakan bekas asrama dosen dengan kapasitas 20 tempat tidur digunakan sebagai tempat isolasi. 

"Bagi warga yang datang dari luar negeri yang sudah selesai karantina selama 14 hari kalau hasil PCR positif kami isolasi lagi selama 10 hari," ujarnya. 

Dharma menjelaskan pertimbangan menggunakan Poltekkes sebagai Rumis karena secara fisik bangunan terpisah dengan baik antara tempat isolasi dan tempat karantina. 

"Kami menyiapkan diri jika sewaktu-waktu ada pekerja migran dari Kota Blitar yang belum menyelesaikan karantina di provinsi kami sudah siap," ujarnya. 

Sedang untuk Tempat Isolasi Terpusat di Kampus 3 PGSD UM di Jl Ir Soekarno Kota Blitar, kata Dharma untuk sementara dinonaktifkan.Meski dinonaktifkan, Tempat Isolasi Terpusat di Kampus 3 PGSD UM tetap dikelola oleh Dinas Kesehatan. 

"Isoter di Kampus 3 PGSD kami nonaktifkan, tapi bukan berarti diserahkan kembali ke UM, tetap kami kelola. Kami menggeser kegiatan operasional ke Rumis di kampus Poltekkes, Jl Dr Soetomo," katanya. 

Menurut Dharma, kondisi kasus varian Delta di Kota Blitar saat ini landai. Beberapa pekan ini tidak ditemukan lagi kasus varian Delta di Kota Blitar.

"Sebagai antisipasi, kami tetap waspada. Kami juga mengimbau masyarakat tetap patuh prokes dan segera vaksin untuk antisipasi varian baru omicron," katanya. (sha) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved