Breaking News:

Berita Nganjuk

Perhutani Bagikan 241 Ekor Kambing Kepada 11 LMDH di Nganjuk

Sebanyak 241 ekor kambing dibagikan kepada 11 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Kelompok Masyarakat Desa Hutan (KMDH) di Kabupaten Nganjuk.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
Ist
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi menyerahkan bantuan kambing kepada LMDH dan KMDH di BKPH Ngujung Barang Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. (Ist) 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Sebanyak 241 ekor kambing dibagikan kepada 11 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Kelompok Masyarakat Desa Hutan (KMDH) di Kabupaten Nganjuk.

Bantuan tersebut merupakan program kelola sosial Agroforestry Tebu Mandiri (ATM) Perhutani untuk pengembangan LMDH dan KMDH wilayah kesatuah pemangkuan hutan (KPH) Nganjuk dan Jombang.

Administratur Perhutani KPH Jombang-Nganjuk, Muklisin menjelaskan, pihaknya mendapat amanah dari Kementerian BUMN dan Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan (LHK) untuk bisa memenuhi kebutuhan gula. Caranya dengan menanam tebu melalui sosial ATM.

"Untuk itulah, kami mendorong LMDH dan KMDH agar semakin produktif mengelola hutan. Dengan mencukupi kebutuhan gula melalui tebu ATM ini, dan juga dari ternak kambing yang kami serahkan," kata Muklasin, kemarin.

Dikatakan Muklasin, selama ini baik LMDH dan KMDH di wilayah sekitar hutan Perhutani memiliki peran cukup penting. Baik dalam ikut berperan aktif menjaga hutan, sekaligus mengambil manfaat dari lingkungan hutan. Diantaranya dengan menanam tanaman produktif yang menghasilkan bahan kebutuhan gula seperti tanaman tebu.

"Melihat peran penting LMDH dan KMDH itulah kami berupaya terus untuk bisa memaksimalkan produksi pertanian dari memanfaatkan lahan kosong di lingkungan hutan," ujar Muklasin.

Sementara Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, program LMDH dan KMDH yang melibatkan banyak masyarakat ini cukup penting.

Apalagi bagi hasil keuntungan bagi masyarakat juga cukup tinggi, yaitu sebesar 10 persen.

"Kami ucapkan Alhamdulillah, sudah banyak program dari sektor vertikal yang hadir di Kabupaten Nganjuk. Perhutani berupaya mensejahterakan masyarakat dengan memberi bantuak 241 ekor kambing senilai Rp 350,5 juta kepada LMDH dan KMDH di wilayah Nganjuk," kata Marhaen Djumadi.

Marhaen Djumadi berharap bantuan kambing itu dijaga dan dikembangkan dengan baik. Dia menegaskan, bantuan kambing tersebut tidak boleh dipindahtangankan.

"Masyarakat penerima bantuan harus bisa menjaga amanah ini. Dan jangan lupa, bentuk koperasi yang berbadan hukum untuk pengelolaan yang lebih baik dan maksimal,' tutur Marhaen Djumadi. (aru/Achmad Amru Muiz) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved