Breaking News:

Berita Kediri

Kota Kediri Raih 3 Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2021 

Di penghujung 2021, Kota Kediri meraih Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2021 untuk Kota Sedang. 

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar 

TRIBUN MATARAMAN.com | KEDIRI - 
Di penghujung 2021, Kota Kediri meraih Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2021 untuk Kota Sedang. 

Penghargaan diberikan Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas Institute Teknologi Bandung (ITB) dalam acara penutupan Riset Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2021, Senin (27/12/2021).

RKCI merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi smart city (kota cerdas) berdasarkan potensi dan karakter lokal. 

Kota Kediri berhasil meraih tiga kategori penghargaan sekaligus. Yakni, kategori kota menuju cerdas, kategori kota dengan ekonomi cerdas, dan kategori kota dengan masyarakat cerdas. 

Pada kategori kota menuju cerdas, Kota Kediri memiliki beberapa inovasi yang dinilai dapat mengatasi permasalahan kota dan memiliki masterplan smart city.

Lalu kategori kota dengan masyarakat cerdas, di Kota Kediri peran masyarakat besar dalam memberi dukungan dalam implementasi inovasi-inovasi yang ada.

Seperti peran pokmas dalam prodamas, peran komunitas dalam English Massive, dan peran masyarakat bersinergi dalam mengatasi Covid-19 melalui Si Jamal, Batman dan Sinergi 3 Pilar. 

Untuk menjadi masyarakat cerdas (smart society) diperlukan empat aspek. Yaitu, kesiapan dan kemampuan kota, ketersediaan layanan, kesiapan sosial budaya, serta dukungan teknologi atau tata kelola.

Sementara untuk kategori kota dengan ekonomi cerdas, yang diukur adalah kemampuan sebuah kota dalam meningkatkan perekonomian dan memaksimalkan sumber daya potensi kota melalui infrastruktur, teknologi, tata kota, dan data analisis. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved