Breaking News:

Berita Trenggalek

Barang Tanpa Cukai Senilai Rp 71 Juta dan Ribuan Barang Bukti Kepolisian di Trenggalek Dimusnahkan

Barang tanpa cukai hasil sitaan di Kabupaten Trenggalek dimusnahkan, Kamis (23/12/2021). Nilainya puluhan juta Rupiah.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
Tribunmataraman.com/aflahul abidin
Pemusnahan barang tanpa cukai hasil sitaan di Pendopo Pemkab Trenggalek. 

TRIBUNMATARAMAN.com | TRENGGALEK - Barang tanpa cukai hasil sitaan di Kabupaten Trenggalek dimusnahkan, Kamis (23/12/2021).

Barang tanpa cukai itu berupa 117 ribu batang rokok, 5,6 kilogram tembakau iris, dan 195 liter minuman beralkohol.

Jika ditaksir dalam rupiah, barang-barang tersebut bernilai sekitar Rp 71,5 juta.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin yang memimpin proses pemusnahan di Pendopo Kabupaten Trenggalek mengatakan, penyitaan dan pemusnahan barang tanpa cukai ini merupakan bentuk perlawanan terhadap bisnis ilegal.

"Ini menjadi konsentrasi, bagaimana negara tidak boleh kalah dengan pelaku ilegal," kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Dengan tindakan semacam ini, kata dia, industri lokal yang legal dan taat hukum akan terlindungi.

Di sisi lain, pendapatan negara juga bisa terus bertambah apabila bisnis ilegal perdagangan barang noncukai bisa ditekan.

"Saya mengingatkan betul bagi yang mau menjual dan mengedarkan barang-barang tanpa cukai harap hati-hati. Dengan iming-iming apapun bila sales datang tolong hindari," katanya.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Blitar, Akhiyat Mujayin, mengapresiasi langkah pemkab yang memakai dana bagi hasil cukai hasil tembakau untuk penegakan hukum.

"Hal ini cukup membantu tugas Bea Cukai dalam melakukan penindakan di lapangan. Kami mewakili Kementrian Keuangan mengucapkan terima kasih atas sinergitas ini dan semoga bisa terus dilanjutkan," ujar Akhiyat.

Di hari yang sama, Polres Trenggalek juga memusnahkan barang bukti hasil ungkap kasus. Barang bukti tersebut meliputi narkoba, miras, dan knalpot brong.

Proses pemusnahan berlangsung di halaman Mapolres Trenggalek.

Data kepolisian menyebut, barang bukti yang dimusnahkan antara lain 383,51 gram sabu, seribu pil dobel L, 1.483 botol minuman keras, 2 jeriken arak jawa, dan 25 knalpot brong.

Kapolres Trenggalek, AKBP Dwiasi Wiyatputera mengatakan, para tersangka dan pelaku pelanggaran hukum dari barang bukti yang dimusnahkan telah diproses.

"Pemusnahaan ribuan barang bukti ini merupakan merupakan langkah dalam mewujudkan komitmen Trenggalek zero miras dan narkoba, maupun knalpot brong," kata Dwiasi. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved