Breaking News:

Berita Nganjuk

Ambil Tilang di Kejari Nganjuk, Anggota BIN Gadungan Diamankan Polisi

Polres Nganjuk mengamankan RVM, pria asal Surabaya yang mengaku-ngaku sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN)

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
Tribunmataraman.com/achmad amru
Mobil yang dipakai anggota BIN gadungan di Nganjuk disita polisi sebagai barang bukti. 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Polres Nganjuk mengamankan RVM, pria asal Surabaya yang mengaku-ngaku sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN). 

RVM diamankan saat mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Nganjuk, kemarin (23/12/2021).

Pria itu diamankan Polres Nganjuk bersama 3 rekannya. 

Polisi juga menyita barang bukti sebuah kartu BIN diduga fiktif dan satu unit mobil Suzuki Ertiga.

Kasatreskrim Polres Nganjuk, AKP I Gusti Agung Ananta Pratama membenarkan pihaknya telah menerima penyerahan tersangka diduga anggota BIN gadungan dari Kasi Intel Kejaksanaan Negeri Nganjuk.

"Laporan dari Kejaksaan benar kami terima, dan sementara satu orang yang mengaku angota BIN itu diperiksa. Sedangkan tiga orang lainya juga akan diperiksa sesuai perannya masing-masing nantinya," kata I Gusti Agung Ananta Pratama, Kamis (23/12/2021).

Dikatakan I Gusti Agung Ananta Pratama, pihaknya juga masih akan berkoordinasi dengan BIN Daerah Nganjuk untuk memastikan keanggotaan BIN dari tersangka tersebut.

Apabila nantinya ternyata memang benar tidak ada bukti sebagai anggota BIN maka akan diproses sesuai hukum dan Perundangan yang berlaku.

"Untuk sementara itu yang bisa kami sampaikan terkait penyerahan seseorang diduga anggota BIN gadungan dari Kejaksaan Negeri Nganjuk tersebut," ucap I Gusti Agung Ananta Pratama.

Sementara Kasi Intel Kejaksaan Negeri Nganjuk, Dicky Andi Firmansyah SH menjelaskan, RVM datang ke kantor Kejaksaan Negeri Nganjuk sekitar pukul 05.00 WIB.

Ada empat orang yang turun dari mobil dan bermaksud mengambil tilang di Kantor Kejari Nganjuk. Dimana salah satu dari mereka mengaku anggota BIN dengan menunjukkan kartu anggota BIN.

"Merasa curiga, petugas keamanan kantor Kejari Nganjuk melapor ke Kajari Nganjuk.  Saat itu juga Kajari perintah kepada kami untuk melakukan pengamanan dan sterilisasi terhadap empat orang itu," kata Dicky Andi Firmansyah.

Selanjutnya, ungkap Dicky Andi Firmansyah, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap satu orang yang memegang kartu BIN. Dan dalam keteranganya, orang tersebut mengaku dari BIN Lantamal. Dan keterangan yang diberikan itupun berubah-ubah hingga akhirnya mengaku bukan anggota BIN.

"Kamipun merasa mereka merupakan komplotan yang kemungkinan beroperasi di berbagai tempat dengan modus sama. Apalagi datang ke kantor Kejari sebelum jam kerja pagi. Makanya keempatnya langsung kami amankan dan serahkan ke Polres Nganjuk beserta barang bukti kartu anggota BIN dan mobil yang digunakannya untuk bisa ditindaklanjuti," tutur Dicky Andi Firmansyah. (aru/Achmad Amru Muiz)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved