Breaking News:

Berita Trenggalek

Atasi Permukiman Kumuh, Pemkab Trenggalek Replikasi Program Kotaku Milik Kementerian PUPR

Pemkab Trenggalek mereplikasi program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) milik Kementerian PUPR untuk mengatasi masalah permukiman kumuh

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
Tribunmataraman.com/aflahul abidin
Pembangunan saluran air di daerah yang menjadi sasaran program Kotaku dari Kementerian PUPR beberapa tahun terakhir di Kabupaten Trenggalek. Mulai tahun depan, pemkab akan mereplikasi program tersebut. 

TRIBUNMATARAMAN.com | TRENGGALEK - Pemkab Trenggalek mereplikasi program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk mengatasi masalah permukiman kumuh.

Kotaku adalah program Ditjen Cipta Karya Kementrian PUPR yang dibuat untuk mengatasi permukiman kumuh di perkotaan.

Program ini sekaligus dibuat untuk mendukung gerakan 100 persen akses air minum layak, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Di Trenggalek sendiri program ini ditujukan terciptanya pemukiman layak huni, terciptanya kota tanpa kumuh, kebiasaan hidup yang bersih dan sehat serta terciptanya kualitas lingkungan yang nyaman. 

Kabid Perumahan dan Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Trenggalek, Subyantoro Pamuji menjelaskan, pemkab punya kewenangan untuk menangani kawasan permukiman kurang dari 10 hektare (ha).

Itu merupakan hasil pembagian kewenangan antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten.

"Lebih dari 15 ha kawasan kumuh menjadi kewenangan pemerintah pusat. Seluas 10 hingga 15 ha menjadi kewenangan provinsi, dan kewenangan kabupaten di bawah 10 hektar," kata dia, Rabu (22/12/2021).

Program Kotaku, kata Subiyantoro, sempat diterapkan di Kabupaten Trenggalek oleh Kementerian PUPR dalam beberapa tahun belakangan.

Delegasi dari Singapura bahkan sempat datang langsung ke lokasi sasaran untuk meninjau pelaksanaan dan hasil dari program tersebut.

"Manfaat Program Kotaku dari Kementerian PUPR cukup terasa dalam mengeliminir kekumuhan di lingkungan sasaran. Terbukti dari beberapa program yang telah dijalankan, kebermanfaatannya cukup bisa dirasakan," sambungnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved