Breaking News:

Berita Trenggalek

Tanah Gerak di Trenggalek Mengancam 4 Rumah Warga

Bencana tanah gerak atau ambles terjadi di Desa Gamping, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek. Sebanyak 4 rumah warga terancam

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/aflahul abidin
Tanah amblas di teras rumah warga di Desa Gamping, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek, Selasa (21/12/2021). 

TRIBUNMATARAMAN.com | TRENGGALEK – Bencana tanah gerak atau ambles terjadi di Desa Gamping, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek.

Tanah ambles itu mengancam empat rumah yang berada di Dusun Gempolan.

Kepala Desa Gamping, Puguh Arbiyantoro menjelaskan, tanah amblas terjadi secara bertahap.

Awalnya, tanah gerak mulai diketahui warga pada Minggu (19/12/2021) malam. Setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras.

Namun ketika itu, tanah yang bergerak masih relatif minim. Warga juga tidak merasa curiga bahwa tanah gerak akan bertambah retakannya.

Esok sore harinya, Senin (20/12/2021) malam, hujan kembali terjadi. Puguh menyebut, hujan itu berakibat pada bertambahnya retakan di rumah warga.

Setidaknya, retakan tanah ambles terjadi di teras empat rumah warga. Ketinggian tanah yang ambles kira-kira 40 sentimeter (cm).

“Hanya tanah di terasnya yang ambles. Jadi agak turun tanahnya. Untuk kondisi dalam rumah, tetap aman. Tidak ada retakan dan sebagainya,” kata Puguh, Selasa (21/12/2021).

Ia menjelaskan, empat rumah yang terdampak tanah ambles itu, yakni rumah milik Yahmin, Sutijan, Rinem, dan Damin. Seluruhnya berada di RT/RW 11/02.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved